Salam Punggawa Ciderai Gerak Jalan Indah di Gowa

12 Agustus 2017 20:33

MAKASSAR, INIKATA.com – Peringatan Gerak Jalan Indah dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke – 72 di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) diwarnai dengan muatan politik. Pasalnya variasi gerak jalan tersebut melambangkan gerakan simbol “Salam Punggawa” atau pasangang Ichsan Purichta Yasin Limpo (IYL) – Andi Mudzakkar (Cakka) di gedung CCC pada Sabtu (29/7/2017) lalu.

Muhammad Arif, selaku praktisi mengatakan bahwa gerakan salam punggawa tersebut sangatlah menciderai parade gerak jalan indah dalam peringatan HUT kemerdekaan. Ditambah lagi, ada kelompok Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut, takutnya pesta itu disisipi kepentingan elit tertentu dan kelompok politik yang memanfaatkan moment tersebut.

“Hal ini terang dan jelas terakomodir dengan rapi. Gerakan variasi Salam Punggawa tersebut dilakukan untuk simbol politik tertentu. Yang anehnya lagi, gerak jalan ini telah menciderai nuansa peringatan kemerdekaan lantaran diikuti oleh ASN,” kata Arif yang juga merupakan warga Kabupaten Gowa, Sabtu, (12/8/2017).

Aturan ASN tidak boleh mengikuti kampanye, kata Arif juga tertuang di dalam konstitusi. Aturan kementerian dalam negeri RI juga tertulis di Pasal 70 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015.

“Pada Undang-Undang tersebut diatur ketentuan: a. Ayat (1) huruf b, ditegaskan bahwa dalam kampanye pasangan calon dilarang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN). Nah disini terang dan jelas melanggar lantaran melibatkan ASN dengan gerakan dan simbol elit politik tertentu,” jelasnya.

Momentuman seperti ini kerap melibatkan dan dimanfaatkan oleh oknum politisi tertentu. Arif menambahkan, harus ada langkah nyata dan sikap tegas dari Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) tentang hal tersebut.

“Seharusnya Bawaslu mengambil tindakan perihal ini. Parahnya lagi hal ini dilakukan salah satu balon gubernur yang secara resmi belum di tetapkan oleh KPU,” jelasnya.

Sebelumnya, seluruh instansi Se-Kabupaten Gowa, mengikuti gerak jalan indah yang dimulai di jalan Tumanurung, Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Nampak terlihat beberapa barisan peserta gerak jalan indah ini memperlihatkan yel yel dan diikuti dengan gerakan tangan Salam Punggawa didepan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo.

Tak hanya itu, beberapa group barisan peserta gerak jalan indah tersebut juga terlihat mengenakan kostum yang berlogo Salam Punggawa dan beberapa spanduk yang dibentangkan.