oleh

23 Pemain Perkuat Garuda Muda, Berikut Tiga Pemain Muda Pilihan Tepat Luis Milla

INIKATA.com — Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-23 terus memberikan penampilan terbaiknya di perhelatan pesta olahraga multi event negara-negara Asia (Asian Games) 2018 Jakarta-Palembang.

Dari 23 pemain yang memperkuat Garuda Muda di ajang tersebut, terdapat tiga nama yang merupakan pemain muda terbaik di kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2018.

Berdasarkan data yang didapat dari humas PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)  selaku operator kompetisi di Indonesia, ketiga pemain muda terbaik yang kerap mendapatkan penghargaan dari PT LIB diantaranya, Awan Setho Raharjo (Bhayangkara FC), Septian David Maulana (Mitra Kukar FC) dan Irfan Jaya (Persebaya Surabaya).

Sebagai informasi, kompetisi Liga 1 Indonesia 2018 tengah dalam masa rehat dikarenakan adanya event Asian Games 2018 hingga awal bulan depan. Sebelumnya, seluruh tim kontestan telah merampungkan serangkaian pertandingan hingga pekan ke-20.

Namun diluar itu semua, ada fakta menarik sebelum kompetisi rehat. Hal itu ada pada keberanian kontestan Liga 1 musim ini yang memainkan para pemain mudanya. Persela Lamongan, PSM Makassar, Persib Bandung, Persipura Jayapura, hingga Bhayangkara FC adalah deretan kontestan yang cukup percaya dengan kemampuan talenta mudanya.

Beberapa pemain muda potensial pun muncul ke permukaan. Karena talenta, kepercayaan diri, dan perkembangan yang pesat, mereka mendapatkan kesempatan bermain yang lebih dari sang pelatih. Sebut saja Fahmi Al Ayyubi, Saddil Ramdani, Todd Ferre dan Nurhidayat Haji Haris.

Terkait fenomena ini, tiap pekannya, operator kompetisi Liga 1 2018, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberikan penghargaan untuk kategori pemain muda terbaik. Hasilnya, dari laga pembuka hingga pekan ke-20, terdapat tiga nama yang meraih penghargaan pemain muda terbaik lebih dari sekali.

Mereka adalah Awan Setho Raharjo (Bhayangkara FC), Septian David Maulana (Mitra Kukar FC) dan Irfan Jaya (Persebaya Surabaya). Ketiga pemain tersebut masing-masing meraih penghargaan sebanyak dua kali.

Awan Setho meraih penghargaan tersebut pada pekan 1 dan 5, Septian David pekan 4 dan 8, serta Irfan Jaya pada pekan 14 dan 16. Imbasnya, ketiga nama di atas saat ini mengisi skuat Tim Nasional Indonesia U-23 pada ajang Asian Games 2018.

Dari tiga laga yang dijalani timnas U-23 asuhan Luis Milla pada penyisihan Grup A Asian Games tahun ini, hanya Awan Setho yang belum pernah bermain. Kiper 21 tahun ini memang dijadikan back up Andritany Ardhiyasa sebagai penjaga gawang utama.

Sementara Septian David dimainkan dua kali pada laga melawan Palestina (15/8) dan Hong Kong (20/8). Sedangkan Irfan Jaya, penyerang sayap yang musim ini telah mengoleksi 13 caps bersama Bajul Ijo, hingga kini selalu mendapatkan kepercayaan dari Milla dan telah mencetak dua gol saat melawan Palestina dan Hong Kong.

Dipilihnya tiga pemain muda terbaik yang kerap mendapat penghargaan tersebut, secara tidak langsung dikatakan pelatih Mitra Kukar, Rahmad Darmawan menjadi pilihan tepat Luis Milla memasukan dalam skuat Garuda Muda.

“David pemain muda yang potensial. Ia bisa menempati beberapa posisi sekaligus. Lalu, ia juga punya kemampuan dribel yang diakhiri dengan tembakan yang akurat. Termasuk tembakan jarak jauh,” jelas pelatih yang kerab disapa RD itu seperti siaran pers yang diterima wartawan, Selasa (21/8).

Tak hanya timnas U-23, beberapa pemain juga sempat mendapat panggilan timnas U-19 asuhan pelatih Indra Sjafri pada ajang Piala AFF U-19 Juli lalu. Di antaranya Saddil Ramdani, Nurhidayat dan Todd Ferre.

Pelatih Persela, Aji Santoso adalah salah satu pelatih yang terkenal banyak menggunakan pemain muda dalam timnya. Bahkan pada bursa transfer putaran kedua lalu, eks bek kiri Arema dan Persebaya ini merekrut pemain muda Persib Bandung Gian Zola dan memulangkan Dendy Sulistyawan dari Bhayangkara FC.

“Yang jelas saya salah satu pelatih yang senang memunculkan pemain muda. Sebenarnya mereka berkualitas, hanya tidak berani memberinya kesempatan bermain. Banyak pemain muda bermunculan itu menambah kepuasan pelatih, dan itu jadi filosofi saya,” tuturnya.

Berikut daftar pemain muda terbaik hingga pekan 20 Liga 1 Indonesia 2018

Pekan 1: Awan Setho (Bhayangkara FC)

Pekan 2: Nurhidayat Haji Haris (Bhayangkara FC)

Pekan 3: Gunansar Mandowen (Persipura Jayapura)

Pekan 4: Septian David Maulana (Mitra Kukar FC)

Pekan 5: Awan Setho (Bhayangkara FC)

Pekan 6: Fahmi Al Ayyubi (Persela Lamongan)

Pekan 7: Frets Butuan (PSMS Medan)

Pekan 8: Septian David Maulana (Mitra Kukar FC)

Pekan 9: Todd Ferre (Persipura Jayapura)

Pekan 10: Zulfiandi (Sriwijaya FC)

Pekan 11: Nazar Nurzaidin (Barito Putera)

Pekan 12: Dedik Setiawan (Arema FC)

Pekan 13: Saddil Ramdani (Persela Lamongan)

Pekan 14: Irfan Jaya (Persebaya Surabaya)

Pekan 15: Ricky Fajrin (Bali United FC)

Pekan 16: Irfan Jaya (Persebaya Surabaya)

Pekan 17: Marinus Wanewar (Bhayangkara FC)

Pekan 18: Dendy Sulistyawan (Persela Lamongan)

Pekan 19: Alfath Faathier (Madura United FC)

Pekan 20: Mahdi Albaar (PS Tira)

(Inikata/Fin)

Komentar