oleh

ACT Jateng dan DPRD Kota Semarang Salurkan Bantuan ke Lombok

SEMARANG, INIKATA.com – Bencana gempa bumi yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa pekan lalu telah merenggut 469 korban jiwa, menimbulkan kerusakan infrastruktur dan memicu kelumpuhan ekonomi serta kehidupan warga.

Dalam ikhtiar menolong, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jateng bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang mengirimkan bantuan kepada korban bencana gempa di Lombok, NTB.

Sebanyak lima truk berisikan logistik diberangkatkan pada Minggu (19/8) pagi. Upacara pelepasan bantuan kemanusiaan bertemakan “Jateng Beri Terbaik untuk Lombok, Konvoi Donasi Kepedulian dari Jawa Tengah” ini juga bertepatan dengan momen Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Lima truk logistik tersebut masing-masing membawa bantuan logistik sebanyak 5 ton yang terdiri dari pakaian baru, beras, air mineral, perlengkapan kebersihan diri, selimut, tenda, terpal, obat-obatan dan lainnya.

Kepala Cabang ACT Jateng, Sri Suroto mengatakan, terkumpulnya bantuan logistik dengan total 25 ton atau senilai lebih dari Rp300 juta ini merupakan sinergi ACT bersama dengan seluruh elemen masyarakat Jateng yang berkomitmen dan peduli kepada warga Lombok yang terdampak gempa beberapa waktu lalu.

“Momen kemerdekaan saat ini adalah bukti bahwa segenap warga masyarakat kita memiliki kepedulian tinggi, kami senantiasa berikhtiar memberikan yang terbaik untuk Lombok. Mohon doa dan dukungan untuk terus mengobarkan semangat kebaikan ini,” kata Suroto usai pelepasan truk logistik di halaman Balaikota Semarang, Minggu (19/8).

Suroto berharap, konvoi truk dari Semarang menuju Lombok ini dapat menjadi pesan yang membawa kebaikan kepada masyarakat Indonesia untuk tetap dan lebih peduli dengan saudara sebangsa.

“Alhamdulillah bertepatan dengan momen HUT RI, ACT Jateng menyongsong aksi yang telah lebih dulu digerakkan oleh ACT Pusat. Berkat sinergi TNI Angkatan Laut dan ACT, kami berhasil melayarkan kapal kemanusiaan untuk Lombok pada tanggal 17 Agustus kemarin dari Pelabuhan Tanjung Priok membawa 1.000 ton bantuan terbaik untuk meringankan duka saudara-saudara kita yang diguncang gempa,” tambah Suroto.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Agung Budi Margono melepas secara resmi keberangkatan lima truk bantuan tersebut. Agung menyampaikan kebahagiaan serta menerima dengan tangan terbuka untuk mewujudkan kepedulian di Jateng, khususnya masyarakat Semarang.

“Banyak hal yang bisa kita lakukan salah satunya adalah membangun kepedulian. Kota Semarang alhamdulillah, kita bagian dari NKRI, bagian dari unsur kemanusiaan juga bagian dari orang-orang yang beriman, sudah menjadi tanggung jawab bagi kita semua untuk kemudian peduli,” katanya.(YON)

Komentar