Alasan Biaya Hidup, Seorang Pria di Makassar Jadi Pengedar Sabu
11 Juni 2018 16:53
Para pelaku Narkoba yang diamankan Satuan Narkoba Polrestabes Makassar

MAKASSAR, INIKATA.com – Imran (38) seorang pengedar narkotika yang ditangkap petugas Satuan Narkoba Polrestabes Makassar mengaku, terjerumus dalam bisnis haramnya lantaran diduga kekurangan uang belanja.

“Saya mengedarkan untuk pake belanja uangnya pak,” kata Imran sambil memperlihatkan raut wajah yang serius di Mapolrestabes Makassar, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (11/6/2018) sore tadi.

Warga Tidung, Kelurahan Mapala, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar ini mengungkapkan, dirinya hanya pengedar amatiran. Ia mengaku baru satu minggu mengedarkan usai sembuh dari insiden kecelakaan yang membuat kakinya patah.

“Satu minggu sembuh, saya langsung pi beli di Kerung-kerung baru saya jual lagi,” tambahnya.

Kasat Narkoba Polrestabes Makassar Kompol Diari Estetika menyebutkan, Imran berhasil ditangkap di Jalan Dahlia Kota Makassar, pada Jumat (8/6) lalu. Imran ditangkap berdasarkan hasil pengembangan dari dua orang pelaku yakni, Panggeran Johan alias Ming (32) dan H. Anwar Dj alias alias Aji (51) yang sebelumnya berhasil ditangkap terlebih dahulu di Jalan Nuri Baru, Kompleks Perumahan Pesona Taman Anggrek, Kota Makassar, Kamis (7/6) lalu.

“Dari Johan dan H. Anwar kemudian berkembang ke pengedarnya Imran,” tambahnya.

Diari juga mengungkapkan, dari pelaku Johan dan H. Anwar petugas berhasil menyita barang bukti berupa dua shaset bening berisi narkotika jenis sabu, satu set bong dan satu batang pireks kaca.

Sementara dari bandar narkotika Imran, petugas menyita barang bukti berupa empat shaset sabu, dua shaset bekas pakai, dan satu sendok.

Atas perbuatanya ketiga pelaku akan dikenakan pasal 114 ayat 1 atau 112 ayat 1 UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun.

Saat ini pelaku dan barang bukti telah diamankan di Mapolrestabes Makassar untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. (**)