oleh

Anda Kena Penyakit Kulit, Mungkin Ini Penawarnya

INIKATA.com – Meminum secangkir kopi hangat di waktu pagi dan sore hari merupakan kebiasaan yang sering masyarakat lakukan. Bagi kesehatan, kopi ternyata memiliki banyak manfaat seperti mengurangi resiko diabetes, menurunkan risiko kanker dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Namun tahukah Anda, ampas sisa minum kopi juga ada manfaatnya? Ampas serbuk kopi yang tertinggal di dasar cangkir itu bisa digunakan untuk kesehatan kulit. Dilansir Prevention, ini dia ulasannya yang wajib Anda simak.

1. Mencerahkan wajah

Dokter Kulit dari Klinik Dermatologi Wholistic di Beverly Hills Julia Hunter, MD, mengatakan, minum kopi adalah salah satu bagian penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Di samping minum kopinya, Anda bisa memanfaatkan ampasnya untuk mencerahkan kulit, mencegah pori-pori tersumbat, dan menyamarkan garis halus di wajah. Selain itu, asam dalam kopi memberi manfaat pengelupasan sel kulit mati yang sangat diimpikan setiap kaum hawa.

2. Bikin rambut lebih berkilau

Jika ingin punya rambut panjang dan berkilau, coba rajinlah menggunakan scrub dari ampas kopi. Caranya ampas kopi yang sudah tidak dipakai itu diterapkan ke bagian rambut, paling tidak seminggu dua kali. Sebelumnya cuci rambut dengan air teh chamomile yang baru diseduh. Kalau rajin mempraktikkan cara ini bisa menghaluskan rambut Anda dan membuat warnanya lebih berkilau sepanjang hari.

3. Bantu menangkis kanker kulit

Berdasarkan hasil penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences, disebutkan bahwa seseorang harus melindungi kulit dari paparan sinar matahari fatal. Karena dampaknya bisa menyebabkan ancaman kanker kulit dalam jangka panjang. Sementara itu, masker kopi bisa bermanfaat untuk ini, di samping juga menutrisi kulit Anda supaya tampak lebih sehat.

4. Pengganti krim mata

Wanita pasti ingin bebas dari gangguan mata panda setiap hari. Salah satu untuk mencegahnya ialah mengoleskan ampas kopi sebagai pengganti krim mata. Efeknya sangat baik untuk menstabilkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah, sehingga membuat area mata bebas dari kerutan dan mata menghitam.

5. Mencegah kulit kasar

Ampas kopi juga cocok dimanfaatkan sebagai masker untuk mencegah kulit kasar. Apalagi kalau Anda menambahkan minyak esensial, seperti minyak zaitun dan kelapa. Cara ini diklaim sangat efektif membantu sel kulit mati mudah terkelupas dan meregenerasi sel kulit Anda, agar tampak awet muda. (inikata/fin)

Komentar