Asosiasi Kepelabuhanan Merasa Terancam dengan Surat Pelabuhan Makassar
4 Oktober 2017 21:34
Asosiasi Kepelabuhanan Merasa Terancam dengan Surat Pelabuhan Makassar

MAKASSAR,INIKATA.com – Penasehat DPC INSA Makassar Zulkifli Syahril, beserta pengurus lainnya mempertanyakan dikeluarkan surat edaran yang telah dikeluarkan Otoritas Pelabuhan Utama Makassar No. 06/SE/01/IX/OP.Mks.17, tentang Optimalisasi Pemanfaatan Fasilitas Terminal Curah Kering Pelabuhan Makassar membuat Asosiasi Kepelabuhanan berang.

Hal tersebut diuraikannya di salah satu cafe yang ada di Jalan Landak Baru, Rabu, (4/10/2017). Menurutnya, berdasarkan aturan yang telah diteken oleh kepala pelabuhan, dimana Rahmatullah dinilai adanya kepentingan monopoli tertentu yang dilakukan kelompok asosiasi kepelabuhanan.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas pula suratbyang telah dikeluarkan otoritas pelabuhan dalam hal ini Pelindo IV Makassar. Selain itu, mereka juga dinilai sepihak dan terkesan memaksakan dalam mengeluarkan kebijakan.

“Sebelumnya tanpa melalui pertimbangan terlebih dahulu dan langsung mengeluarkan surat edaran yang dinilai dapat mematikan pelakon usaha bongkar muat barang,” kata Zulkifli,

Lebih jauh ia menjelaskan, surat dikeluarkan tersebut juga memaksakan pelaku usaha untuk memaksa menggunakan peralatan bongkar muat milik Pelindo IV.

“Sikapnya sangat disayangkan, lantaran juga mengeluarkan surat dalam bentuk tembusan dan penyampaian ke organisasi – organisasi,” jelasnya.(**)