Awalnya Digaji 2,4 Juta, Saat ini Petugas Kebersihan RSUD Lagaligo Hanya Digaji 1 Juta
17 April 2018 21:05
Ilustrasi

LUWU TIMUR, INIKATA.com – Gaji 39 petugas kebersihan RSUD I Lagaligo, semakin menurun, sebelumnya, petugas kebersihan tersebut digaji 2,4 juta perbulan namun sekarang gaji yang diterima hanya 1 juta.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) RSUD I Lagaligo, Putu membenarkan hal tersebut bahwa memang hanya digaji 1 juta per bulan oleh rumah sakit.

“Mereka digaji sesuai kemampuan keuangan BLUD, Rp 1 juta perbulan,” kata Putu, Senin (16/4/2018).

Awalnya, gaji petugas kebersihan rumah sakit ditangani jasa pihak ketiga CV Cahaya Farel selaku pemenang tender.

Namun, perusahaan tersebut hanya bisa menggaji petugas kebersihan Rp 1.5 per bulan sesuai Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang kemudian dikomplain tidak sesuai UMK. Perusahaan tersebut pun kontraknya diputus pada 2 April 2018 karena tidak mampu menggaji sesuai UMK.

Putu menambahkan, dalam kontrak harga satuan tidak dimungkinkan adanya penyesuaian terhadap harga satuan pengupahan dari Rp 1.5 juta perbulan menjadi standar UMK 2,6 juta.

“Karena aturan wajib pengupahan sesuai UMK sehingga terpaksa harus putus kontrak dan lelang ulang, jadi untuk memenuhi ketentuan UMK kontrak diputus dan dilakukan pelelangan ulang. Jadi, ini sementara proses lelang ulang,” tuturnya.

Putu pun mendoakan proses lelang berjalan lancar, sehingga pemenang yang baru, bisa menggaji petugas kebersihan berdasarkan ketentuan UMK 2,6 juta. (**)