Bola Piala Dunia Rusia Bakal Sulitkan Ronaldo Knuckle Kick
13 Juni 2018 11:12
Foto: int

MAKASSAR, INIKATA.com Piala Dunia 2018 tidak hanya seputar kompetisi dan pemainnya semata, namun juga tentang alat bermainnya, yakni bola. Pada pagelaran kali ini, Cristiano Ronaldo dan beberapa pemainnya diyakini akan kesulitan, terutama saat melakukan tendangan bebas.

Salah satu produsen bola terkemuka meluncurkan alat untuk pagelaran Piala Dunia 2018 mendatang. Produk tersebut dinamakan Telstar 18, dengan warna dominan putih dan diselipi hitam di beberapa titik.

Bola itu dirancang secara ilmiah untuk mengurangi tingkat kemudahan menukik dan membelokkan arahnya. Dengan demikian, pemain yang kerap kali menggunakan ‘knuckle-ball‘ saat melakukan tendangan bebas akan kesulitan, salah satunya adalah Ronaldo.

Produsen tersebut menghabiskan waktu tiga tahun dan ratusan juta paun hanya untuk mengembangkan bola ini. Mereka percaya bahwa ini merupakan peralatan paling sempurna yang pernah ada di dalam sebuah pertandingan.

Seperti yang dilansir dari The Sun, pihak produsen berupaya untuk mengeluarkan perbedaan ketebalan dari ‘daging’ bola tersebut. Artinya, benda itu bisa melayang melewati di udara saat diarahkan ke titik favorit.

Lebih lanjutnya, Telstar 18 juga memiliki desain dengan ukiran di luar panelnya. Hal tersebut betujuan untuk mengurangi turbulensi udara pada benda itu. Pihak produsen harus melakukan uji coba selama berbulan-bulan untuk mengecek agar tidak cacat.

Uji cobanya dilakukan di Universitas Loughborough, Leicestershire, Inggris. Selain itu, bola itu juga diuji coba di Jerman menggunakan robot khusus dengan kecepatan tembakan mencapai 144 kilometer per jam.

Tak hanya itu, teknologi mata elang yang kerap digunakan di kriket dan tenis juga dilibarkan untuk memastikan konsistensinya. Saat ini, semua pemain dari 32 negara telah berlatih dengan bola tersebut. Dan pada hari Kamis (14/6) nanti, sang bola akan melakoni debutnya. (**/bolanet)