oleh

BPN Gelar Sosialisasi Hasil Inventarisasi dan Identifikasi Pengadaan Tanah

PAREPARE, INIKATA.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Parepare melakukan sosialisasi pengumuman hasil inventarisasi dan identifikasi pengadaan tanah sarana dan prasarana pendidikan Institut Teknologi Habibie (ITH) di Baruga Peduli, Kecamatan Bacukiki, Parepare, Minggu (12/6/2018).

Kepala BPN Parepare, Muhammad Syukur mengatakan pengumuman hasil meliputi peta bidang, luas bangunan, pihak yang menguasai dan objek yang berada diatas lahan tersebut.

“Luas lahan yang sudah kami ukur 34,7 Hektar dengan 66 bidang tanah,” ujar Syukur.

Bagi yang merasa memiliki aset lokasi, kata dia, diberi waktu selama 14 hari untuk memberikan koreksi terhadap pengumuman hasil Inventarisasi dan Identifikasi Pengadaan Tanah.

“Kami memberi pemilik lahan kesempatan untuk memberikan komplain terhadap hasil pengumuman hari ini. Sehingga, setelah memasuki tahap selanjutnya tidak terjadi masalah. Hasilnya juga sudah kami tempel, sehingga masyarakat bisa melihat hasilnya” Jelas syukur.

Menurutnya, hal itu sangat penting atas proses apressial nantinya.

“Kalau lewat dari batas waktu yang ditentukan kami anggap setuju. Makanya, kami sampaikan pada pemilik lahan yang tadi hadir untuk melihat, ada yang salah atau sudah tepat. Tapi sejauh ini kami rasa tidak ada masalah, karena pemilik lahan sendiri yang menunjukkan lokasi yang diukur pada kami,” katanya.

Sekedar diketahui, rencana pembangunan ITH Parepare sudah dicanangkan sejak 2014 lalu, yang ditandai dengan ground breaking oleh Presiden ke-3 RI, BJ Habibie.

ITH nantinya akan membuka enam Program Studi (Prodi) dengan menggandeng Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar sebagai penyedia tenaga dosen. Anggaran yang disiapkan untuk keenam prodi tersebut sebesar Rp3,6 Miliar, dengan biaya perprodinya Rp600 Juta. (Klm)

Komentar