oleh

Cawapres Dari Indonesia Timur Masih Manjur

INIKATA.com Calon dari Indonesia timur layak dipertimbangkan oleh Joko Widodo (Jokowi) jika jadi maju kembali di Pilpres 2019. Selain soal perimbangan, calon dari Indonesia Timur juga berpengaruh terkait faktor perkembangan nasional.

“Sekarang perkembangan Indonesia ditentukan dari timur,” kata Pengamat politik sekaligus Analisis Komunikasi Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio kepada wartawan, Kamis (12/7).

Sejumlah tokoh sudah disebut layak menjadi calon wakil presiden yang akan mendampingi Jokowi di pemilu 2019.

Beberapa diantaranya, Syahrul Yasin Limpo (SYL), Amran Sulaiman hingga Zainul Madji alias TGB. Selain itu, Jusuf Kalla juga tetap dipertimbangkan. Sebab, para pendukung JK masih akan terus berusaha setelah gugatan ditolak Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu.

Dari nama-nama itu, belum ada yang secara terbuka mendeklarasikan akan maju sebagai calon wakil presiden. Sejauh ini, baru ada deklarasi sporadis oleh para pendukung masing-masing.

SYL sendiri pernah menyatakan fokusnya hanya dua, memenangkan Partai Nasdem dan Jokowi. Fokus itu sesuai dengan target Partai Nasdem di pemilu 2019. (**/rmol)

Komentar