Gelar Latihan Pengamanan VVIP, Pangdam Diponegoro: Ini Tugas Penting
17 April 2018 12:58
foto: ist

SEMARANG, INIKATA.com – Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang handal dalam tugas pengamanan, Kodam IV/Diponegoro menggelar latihan Pengamanan Very-Very Important Person (VVIP).

Latihan ini secara resmi dibuka oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto S.Sos M.Si bertempat di Balai Diponegoro, Watugong, Semarang, Senin (16/4).

Latihan yang digelar mulai 16 hingga 20 April 2018 tersebut, diawali dengan pembukaan dan sekaligus pengarahan dari Pangdam IV/Diponegoro dilanjutkan dengan pemberian materi latihan Operasi Pengamanan VVIP.

Pangdam IV/Diponegoro di hadapan peserta berharap agar latihan dilaksanakan dengan sunguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, hal ini mengingat Pam VVIP merupakan tugas yang sangat penting, dan salah satu tugas OMSP TNI paling tegas dan jelas tertuang dalam Undang-Undang TNI.

Disampaikan bahwa latihan ini dilaksanakan untuk menguji teori maupun doktrin Pam VVIP yang telah ada dengan realita kondisi lapangan serta potensi ancaman yang dihadapi saat ini.

“Seringnya Pam VVIP di wilayah Kodam IV/Diponegoro jangan membuat Pam VVIP dianggap sebagai tugas biasa atau rutinitas. Pam VVIP merupakan tugas terbarukan sehingga penyelenggaraan kali ini harus ada kreatifitas, kemauan dan kemampuan dalam perencanaan. Masing-masing harus memahami tugas yang disandang secara
perorangan, kelompok dan satuan tugas,” tegas Pangdam.

Dijelaskan Pangdam, untuk menjalankan tugas pengamanan VVIP melibatkan berbagai unsur mulai dari TNI, Polri, Pemda, Dinas Perhubungan dan instansi terkait.

“Oleh karena itu, masing-masing unsur yang terlibat harus saling berkooordinasi satu-sama lain,” jelas Pangdam.

Pada latihan itu, dilaksanakan dengan melibatkan sembilan ratusan prajurit dari beberapa Satuan Balak, Satuan Tempur dan Satuan Bantuan Tempur di jajaran Kodam IV/Diponegoro. (**)