Hari Ini Resmi Dioperasikan, Naik Kereta Solo Ekspres Gratis Empat Hari
17 Mei 2018 14:54
Peresmian oleh Pihak PT KAI Solo

SOLO, INIKATA.com – Kereta Api (KA) Solo Ekspres resmi beroprasi. Peresmian sekaligus menandai promosi gratis naik KA Solo Ekspres selama empat hari mulai Kamis (17/5) ini hingga Minggu (20/5) mendatang. Ratusan warga pun antusias ingin menjajaki kereta baru ini.

KA Solo Ekspres diresmikan opearsionalnya oleh Walikota Solo F.X. Hadi Rudyatmo. Menurut walikota, operasional kereta dengan rute Solo-Jogja-Kutoarjo itu akan semakin memudahkan warga Solo maupun Kutoarjo yang ingin bepergian.

“Warga Kutoarjo yang ingin ke Solo tidak perlu repot lagi mencari transportasi, karena bisa menggunakan kereta bisa sampai di Solo,” kata Rudy saat peresmian KA Solo Ekspres di Stasiun Solo Balapan, Kamis (17/5/2018).

Dijelaskannya, pengoperasian KA Solo Ekspres sebagai wujud dari pelayanan pemerintah, yakni menyediakan angkutan yang murah, nyaman dan aman. Dia berharap kehadiran kereta baru ini mampu mendorong tingkat kunjungan ke Kota Solo.

Kehadiran kereta Solo Ekpres yang masih promo gratis, mengundang antusias ratusan warga. Mereka sudah mengantre sebelum acara peresmian Solo Ekspres dilakukan dengan memadati Stasiun Solo Balapan.

Normalnya, jika tidak gratis, maka harga tiket untuk rute perjalanan Solo-Jogja-Kutoarjo sebesar Rp 40 ribu. Sedangkan untuk rute Solo-Jogja sebesar Rp 30 ribu.

Untuk perjalanan Solo-Jogja-Kutoarjo ditempuh dengan waktu lebih kurang dua jam perjalanan.

Didi, seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta mengatakan, dirinya sangat terbantu dengan adanya kereta tersebut. Menurutnya, promosi ini cukup bagus untuk meningkatkan peminat menggunakan angkutan kereta api.

“Cukup baguslah untuk promosi. Karena bisa naik kereta api gratis dan sangat nyaman,” katanya.

Sementara itu, seorang warga Solo, Rini, mengatakan bahwa promo gratis Solo Ekspres ini bisa dimanfaatkan masyarakat yang ingin merasakan sensasi naik kereta yang setara dengan kelas eksekutif.
“Cukup senang, keretanya nyaman,” tuturnya.

KA Solo Ekspres merupakan jenis kereta rel diesel elektrik (KRDE). Awalnya, kereta tersebut untuk melayani rute Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo. Namun karena hingga kini jalur yang akan dilalui belum dibangun, maka untuk sementara kereta difungsikan untuk rute Solo-Jogja-Kutoharjo.

Kereta berkelir Hijau berpadu dengan warna silver itu memiliki beberapa fasilitas yang cukup memadai. Seperti pendingin udara, televisi, USB Port, toilet dan beberapa fasilitas lainnya. Kereta ini juga menyediakan tempat untuk penumpang berkebutuhan khusus.

Direktur Operasional PT KAI Slamet Suseno Priyanto menjelaskan, promosi yang dilakukan sebagai upaya dari perusahaan untuk semakin mengenalkan KA Solo Ekspres.

Mengingat kereta yang terdiri dari empat gerbong ini merupakan angkutan baru dengan rute yang baru juga. “Ini untuk menarik minat masyarakat menggunakan kereta api,” jelasnya.

Selama promo gratis berlangsung, pihak PT KAI memberikan kuota sebanyak 200 kursi setiap hari.

KA Solo Ekspres lebih cepat dibandingkan dengan kereta api lain dengan rute yang sama. “Untuk rute Solo sampai ke Stasiun Kutoarjo hanya butuh waktu lebih kurang dua jam,” imbuh Slamet. (**)