Ini Buah yang Bisa Dibawa Saat Mudik
13 Juni 2018 17:52
Ilustrasi.(foto: IST)

INIKATA.com – Kemacetan panjang saat perjalanan mudik, membuat seseorang rentan mengalami dehidrasi di perjalanan. Apalagi jika pemudik duduk berjam-jam di tengah kemacetan, di dalam mobil ber-AC dan kurang hidrasi. Ditambah stres akibat macet tentu bisa membuat perjalanan tidak menyenangkan.

Seperti yang dikutip Jpnn.com, Ahli Endoskopi Gastrointenstinal yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB khusus untuk pasien berpenyakit kronis jika ingin tetap mudik maka tidak lebih dari 12 jam. Lalu siapkan makanan kecil dan minuman yang cukup selama perjalanan.

Selain itu, buah-buahan sebaiknya juga dibawa dalam perjalanan mudik. Pemudik juga harus tetap terhidrasi dengan tetap pertahankan minum 2 liter dalam 24 jam.

“Jika di dalam perjalanan kita banyak keringat, jumlah air minum harus ditingkatkan,” tegasnya kepada JawaPos.com, Rabu (13/6).

Ari menyebutkan buah-buahan yang tinggi kandungan airnya sebaiknya dibawa saat perjalanan mudik. Siapkan buah-buahan seperti jeruk, apel atau buah pir.

“Buah bisa jadi sumber kalori, air, serat vitamin dan mineral,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, diusahakan agar ada waktu beristirahat 15 menit setelah perjalanan selama 4 jam. Berhenti di tempat istirahat sementara bisa dimanfaatkan untuk buang air kecil atau menggerakan otot-otot terutama otot leher, pinggang, dan kaki serta tangan. (Jpnn)