oleh

Ini Bukti Kuat Polda Menjerat Pemilik KM Lestari Maju Sebagai Tersangka

MAKASSAR, INIKATA.com – Tim penyidik Polda Sulsel mengungkap beberapa bukti kuat untuk menetapkan pemilik kapal KM Lestari Maju Hendra Yuwono sebagai tersangka yang menelan korban jiwa 36 orang.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani saat ditemui, Rabu (11/7/2018), menegaskan bahwa penetapan pemilik kapal sebagai tersangka disebabkan karena kelalaiannya sendiri sehingga mampu membahayakan nyawa orang lain.

“Kelalaiannya sudah jelas, hasil dari penyidikan terhadap hendra yuwono, ia tidak mengajukan kembali dokumen keselamatan yang sudah kadaluarsa,” ungkap Dicky.

Menurutnya, kelalaian tersebut karena pada saat hendak melakukan pelayaran, pemilik kapal tidak memberikan laporan baru terkait kondisi kapalnya.

“Seharusnya dokumen ini harus diupdate. Sama saja dengan membiarkan, yang sudah lebih dari satu tahun. Jadi seharusnya kalau sudah ada dokumen ia sudah terbaharui. Jadi tidak bisa tahu kondisi kapal yang sebenarnya,” jelasnya.

Selain itu, para awak kapal tidak memiliki sertifikat kompetensi serta jumlah penumpang membludak yang dinaikkan oleh nakhoda atau pun kapten kapal itu sendiri.

“Awak kapal yang tidak memiliki sertifikat kompetensi. Kapalnya saja sudah beroperasi sejak tahun 1988. Jadi jumlah penumpang juga bermasalah karena tidak sesuai dengan data manifest. Jadi penumpang yang lebih dinaikkan oleh nahkoda kapal KM Lestari,” ujar Dicky. (**)

Komentar