Ini Empat Balon Gubernur Sulsel yang Diserahkan PKS ke DPP
7 Agustus 2017 17:54
Ketua MPW PKS Sulsel, Ariady Arsal

MAKASSAR, INIKATA.com- Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Sulawesi Selatan telah mengajukan empat bakal calon (Balon) Gubernur Sulsel kepada Dewan Pimpinan Pusat serta Majelis Syuro untuk diputuskan menjadi satu nama.

“Pengurus sudah mengajukan empat nama sesuai dengan dengan aspirasi kader termasuk bakal calon yang sudah mendaftar. Bahkan kami tetap memberikan ruang bagi mereka untuk melengkapi berkasnya secara admistratif,”ujar Ketua MPW PKS Sulsel, Ariady Arsal di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (7/8/2017).

Ia mengungkapkan empat nama yang diajukan ke DPP dan Majelis Syoro yakni Agus Arifin Nu’mang, Nurdin Halid, Ichsan Yasin Limpo, dan Nurdin Abdullah. Keempat nama ini merupakan hasil dari pertimbangan dari masing-masing DPD kabupaten kota melalui Pemilihan Raya.

“Semua keputusan akhirnya tetap di tingkat DPP serta Majelis Syuro, kami tetap tunduk pada putusan itu, yang jelas nama-nama yang diusulkan mengakomodasi seluruh pertimbangan pengurus DPD di kabupaten Kota,”katanya.

Mengenai dengan kecenderungan siapa nama yang layak diusung pada Pilkada Gubernur 27 Juni 2018 nanti, kata dia, masing-masing daerah punya kerwakilan seperti Kabupaten Bantaeng ada Nurdin Abdullah, di Bone Nurdin Halid, Kabupaten Gowa Ichsan dan Pinrang-Sidrap Agus Arifin Nu’mang.

Saat ditanyakan apakah PKS akan mengusung kader, kata dia, wacana itu karena DPP mengistruksikan dirinya maju, hanya saja persoalan perolehan kursi PKS di DPRD Sulsel hanya enam kursi, sementara syarat untuk maju minimal 17 kursi.

“Saya sebenarnya kandidat alternatif, tetapi mengingat kursi kita berpikir realistis saja tidak menjadi gerbong utama dan harus koalisi. Tetapi kita lihat nanti konstalasi politiknya seperti apa, karena belum ada keputusan DPP,” beber legislator DPRD Sulsel itu.

Kendati sejumlah Bakal Calon melakukan manuver dengan menemui pengurus DPP termasuk Presiden PKS dan tokoh Majelis Syuro untuk mendapat dukungan rekomendasi usungan, kata dia, memang itu realita yang terjadi, namun semua dikembalikan kepada putusan DPP.

“Jelasnya usungan PKS kita sepakati figurnya berpeluang menang, dicintai rakyat dan mampu menjalankan program pembangunan di Sulsel. Kami berharap putusan itu disampaikan, kalaupun agak terlambat itu karena pertimbangan yang matang mengusung figur yang layak,” tambahnya.(**)