oleh

Meski Ditahan Imbang Sporting Clube (CP), Arsenal Tetap Lolos

INIKATA.com – Kesempurnaan Arsenal di fase grup Liga Europa tak berlanjut pada matchday keempat. Mereka cuma bermain imbang 0-0 dengan tamunya, Sporting Clube de Portugal (CP), dalam pertandingan di Stadion Emirates, Jumat (9/11).

Dengan begitu, Arsenal cuma mengoleksi 10 poin dari empat pertandingan. Lebih dari cukup karena The Gunners membentangkan selisih 7 angka atas dua tim terbawah, Vorskla dan Qarabag FK, saat fase grup meyisakan dua matchday. Arsenal pun berhak lolos ke babak 32 besar.

Sementara itu, Sporting CP bertengger di tempat kedua dengan raihan 7 angka. Mereka masih membutuhkan tambahan satu poin demi menyusul Arsenal ke fase gugur.

Seperti Chelsea sebagai sesama wakil Premier League, Arsenal enggan menurunkan kekuatan terbaik di Liga Europa. Alhasil, sejumlah reguler menghilang dari susunan starter Arsenal di pertandingan ini. Pemain pelapis macam Carl Jenkinson, Emile Smith-Rowe, Alex Iwobi, dan Danny Welbeck tampil sejak menit pertama dalam formasi 4-2-3-1.

Penampilan Arsenal tetap mengancam. Sebanyak 10 percobaan dilepaskan anak-anak asuh Unai Emery dan 2 di antaranya menuju target. Di sisi lain, Sporting benar-benar tak berdaya dengan catatan nihil tembakan tepat sasaran dari satu upaya.

Salah satu peluang emas Arsenal hadir pada menit ke-17. Bola umpan silang mendatar dari Matteo Guendouzi mampu disontek Welbeck di mulut gawang, tetapi Sebastian cekatan melakukan sapuan di garis gawang.

Sepuluh menit setelah kans tersebut, Welbeck terbaring di lapangan. Kiprahnya berakhir lebih cepat karena cedera. Sebagai pengganti, Pierre-Emerick Aubameyang masuk dan tentu berpeluang menajamkan lini depan Arsenal, kalau mengacu kualitasnya. Tidak demikian kenyataannya. Malah tak ada peluang berbahaya yang didapatkan striker Gabon tersebut di sisa babak pertama.

Baca Juga:  DPRD Enrekang Serahkan APBD-P Tahun 2017, Tujuh Fraksi Dewan Senang

Baru pada babak kedua, tepatnya menit ke-58, Aubameyang memiliki kans. Kali ini, bola sontekannya masih melebar di sisi gawang Sporting CP.

Intensitas serangan Arsenal baru meningkat signifikan dalam 10 menit terakhir. Kurun ini, mereka tercatat melepaskan tembakan tepat sasaran pertama via Henrikh Mkhitaryan yang masih bisa diamankan penjaga gawang. Kemudian, ada pula percobaan Aubameyang yang masih bisa diblok setelah menerima umpan terobosan Senad Kolasinac.

Menjelang waktu normal berakhir, Arsenal memiliki keuntungan karena Jeremy Mathieu diganjar kartu merah. Dia melanggar Aubameyang yang hendak mendekati gawang. Namun, surplus jumlah pemain gagal dimanfaatkan tim tuan rumah untuk mencetak gol di waktu tersisa. Skor 0-0 pun menutup laga ini. (**/Fajar)

Komentar