oleh

1.011 Napi Kabur di Sulteng, Polri Masih Tunggu Surat DPO dari Dirjen 

INIKATA.com — Sekitar 1.011 warga binaan alias narapidana dibeberapa lembaga pemasyarakatan Sulawesi Tengah masih berada diluar.

Mereka kabur lantaran bencana alam yang menimpa Kota Palu dan Donggala.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengingatkan agar para napi untuk melaporkan diri kepada aparat hukum.

Ia mengingatkan wajib lapor itu dimulai pada hari ini, Selasa (16/10).

“Tanggal 16 Oktober ini mereka yang diluar harus sudah melapor dan meneruskan sisa masa penahanan,” ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (16/10).

Lebuh lanjut Dedi menjelaskan pihaknya tetap menunggu keputusan Daftar Pencarian Orang (DPO) dari Ditjen Pemasyarakatan. Untuk itu, sejauh ini upaya Polri hanya mendorong para napi untuk menyerahlan diri dengan melapor ke aparat hukum.

“Kita nunggu surat Dirjen PAS, kan satu minggu waktunya setelah deadline hari ini,” ujarnya.

Adapun data narapidana yang masih berada di luar dari beberapa Lembaga Pemasyarakatan yakni, Lapas kelas II Palu dari total napi 556, sebanyak 329 napi masih berada diluar. Sementara di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas II Palu, dari 28 orang delapan orang diantaranya masih di luar.

Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Palu, dari 86 orang warga binaan, 69 diantaranya masih diluar. Untuk Rutan kelas II A Palu total 459 napi, sebanyak 322 masih berada di luar. Di Rutan kelas II B Donggala, total 336, sebanyak 279 napi masih berada di luar dan di Rutan cabang Parigi dari 173 narapidana, empat orang masih berada di luar. (Inikata/RMOL)

Komentar