oleh

Jarang Diperhatikan, DPRD Jatim Dorong Kementerian Koperasi dan UKM Gelontor Dana Untuk UMKM

SURABAYA, INIKATA.com — Komisi B DPRD Jatim mendukung langkah Dinas Koperasi dan UKM Jatim untukk mengupayakan agar kementerian Koperasi dan UKM melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) banyak mengucurkan kredit bergulir untuk Jawa Timur.

“Dari informasi yang kami dapat untuk Jawa Timur diperkirakan akan menerima sebesar Rp 150 miliar dengan bunga maksimal 9,5-9,6 persen per tahunnya,”ungkap Ketua Komisi B DPRD Jatim Achmad Firdaus di Surabaya, Jumat (14/9).

Dikatakan oleh pria asal Lamongan ini mengatakan ana-dana LPDB memang diharapkan banyak turun di Jawa Timur kalau bisa Rp 1 triliun dari Rp 1,2 triliun yang disiapkan.” Kalau Jawa Timur disiapkan Rp 150 miliar masih kurang,”ungkap pria asal Lamongan ini.

Politisi asal Partai Gerindra ini mengatakan selama ini, memang banyak UKM dan UMKM yang ditolak pengajuan kreditnya karena persyaratan terlalu rumit bahkan melebihi persyaratan pengajuan kredit ke perbankan. “Hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi dari LPDB kepada UKM dan UMKM,” jelasnya.

Sekedar diketahui Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Mas Purnomo Hadi mengatakan pihaknya berharap Kementerian Koperasi dan UKM melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) banyak mengucurkan kredit bergulir untuk Jawa Timur.

Dikatakan oleh Mas Purnomo Hadi, dana bergulir harus dipergunakan untuk pengembangan usaha, modal kerja dan investasi dengan lama kredit 5-10 tahun. (Three)

Komentar