oleh

Kampanye Hitam dan Politik Uang, Ini Cara Polres Lakukan Pencegahan

SIDRAP, INIKATA.com – Untuk mengantisipasi terjadinya kampanye hitam dan politik uang menjelang pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sidrap serta Pilgub Sulsel, Polres Sidrap terus mengintensifkan patroli disejumlah titik rawan didaerah ini.

Patroli disejumlah wilayah, khususnya di daerah yang dianggap rawan terjadinya praktek politik uang tersebut, telah ditempatkan sejumlah anggota personil Polres Sidrap melakukan siap siaga.

“Semua anggota yang ditugaskan sudah di lapangan. Kita tidak boleh membiarkan terjadinya politik uang, dan pasti kami akan melakukan tindakan,”ujar Kapolres Sidrap AKBP Ade Indrawan, dikantornya, Selasa (26/6/2018).

Menurutnya, tidak hanya kampanye hitam secara fisik, tetapi pihaknya juga mengantisipasi kampanye hitam yang berseliweran di media sosial (medsos) atau pesan singkat.

“Kampanye hitam yang marak melalui medsos, akan lakukan pantauan atau yang disebutnya sebagai “Patroli Dunia Maya”,” kata Kapolres Ade.

Ia mengatakan, upaya penindakan kepada pelaku yang menyebarkan pesan dan ajakan mencoblos salah satu paslon atau kampanye hitam pun telah dipersiapkan oleh Polres Sidrap.

“Kita ada tim medsos yang akan melakukan patroli dunia maya di medsos-medsos. Yang nggak benar akan kita lakukan penindakan,” tegasnya.

Ade juga mengingatkan, selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, ada beberapa waktu yang perlu diwaspadai karena rawan konflik. Semisal di masa tenang, hari pemungutan suara, hingga pasca penetapan perolehan suara.

“Kayaknya tenang-tenang aja waktu kampanye, ini yang perlu diantisipasi adalah pasca penetapan perolehan suara, itu yang harus kita amankan. Karena orang merasa dirinya masing-masing menang. Begitu ditetapkan kalah maka banyak yang nyalahin semua pihak,”jelas mantan Wakapolres Martapura. (**)

Komentar