oleh

Kampanye Sebelum Jadwal, Bacaleg Bisa Kena Hukuman Pidana

MASAMBA, INIKATA.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Luwu Utara himbauan ke Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk tidak melakukan kampanye sebelum tahapan kampanye.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua Panwaslu Luwu Utara Mihajirin saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (10/8/18).

Ketua Panwaslu Luwu Utara, Mihajirin mengatakan bahwa jika ada Bacaleg yang melakukan kampanye sebelum tahapan maka bisa dikenakan pidana.

“Sebelum masa tahapan kampanye, bacaleg tidak boleh kampanye karena kalau itu dilakukan maka bisa dikenakan sanksi pidana,” kata Mihajirin.

Dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum yang menyatakan bahwa kampanye dilaksanakan sejak tiga (3) hari setelah ditetapkan DCT (daftar calon tetap).

“Jadwal kampanye sudah diatur dan jelas dalam undang-undang, oleh karena itu bacaleg tidak boleh kampanyesebelum tahapan kampanye,” tegasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa setiap orang atau pihak lain dilarang melakukan pemasangan alat peraga yang meyakinkan pemilih dengan visi misi dan, program kepartaian serta membuat lambang partai, nomor urut partai atau daerah pemilihan sebelum masa kampanye yang dapat dimaknai sebagai citra diri sebagaimana yang dimaksud pada pasal 1 ayat 35 undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum. (SAN)

Komentar