oleh

Kisah Wanita Dikenal Sosialita Menghadapi Ramadan Dalam Rutan

INIKATA.com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) nonaktif, Rita Widyasari memiliki sejumlah agenda Ramadhan di Rutan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Terdakwa kasus suap perizinan perkebunan di Kukar itu bercerita soal penyesuaian gaya hidup mewahnya ketika di dalam bui.

Rita, yang dikenal sosialita akut mengaku siap beradaptasi. “Intinya tidak ada perubahan, cuma perubahan tempat aja,” ujarnya kepada awak media, usai persidangan pada Rabu (16/5), di Pengadilan Tipikor, Jakarta.

Bupati nonaktif itu selama ini dikenal terbiasa hidup berlebih. Dari mulai makanan dan kebutuhan belanjanya supermewah. Ketika di Rutan, dia dipaksa menyesuaikan diri. Meski, ada beberapa hal yang bakal rutin disuplai keluarganya.

Contohnya makanan, dan kebutuhan belanjanya. Tapi, tidak semewah yang dia dapatkan di luar Rutan. “Ada titipan nanti dibawa sama keluarga. Tinggal dipanasin aja. Masakannya sudah matang. Belanjaanku banyak PKK-nya,” seloroh Rita, sambil memegangi kerudung hitam, warna favoritnya.

Selanjutnya, Rita membeberkan soal rencananya menghabiskan waktu di Rutan, selama Ramadhan. Dari mulai ibadah tarawih, sampai target khataman Al-Quran.

Ia akan memulai shalat tarawih hari pertamanya di surau KPK. “Malam ini mulai tarawih di KPK,” ucapnya. Di waktu senggang lainnya, ia gunakan untuk tadarus, baca Al-Quran. Beberapa ayat pendek akan dicobanya untuk dihafal. “Sehari setengah juz. Aku ngapalin setiap ayat pendek. Daripada nggak ada kerjaan,” ungkapnya.

Layaknya umat islam secara umum, Rita juga berencana memupuk pahala di bulan Ramadhan. Apalagi, kondisi Rutan dinilainya memungkinkan untuk itu. Teman Rutannya yang berjumlah 8 orang, perempuan. Semuanya muslim, dan agamanya cukup kuat.

“Kebetulan Aku berdelapan, cewek dan muslim semua. Agamanya kuat semua. Jadi kayak pesantren kilat aja. Mirip pesantren, Jadi lebih konsen di sana (Rutan KPK -red). Ketika adzan semua langsung shalat,” ucapnya.

Ihwal rencana ngabuburit, ia punya agenda khusus. Akan nonton film Ramadhan favoritnya, bersama penghuni Rutan KPK perempuan lain. Judul filmnya Sani. “Kayanya paling nonton TV. Aku lagi ngikutin Film sani. Itu film favorit kami di lapas. ngabuburitnya nonton sani,” tuturnya, sebelum beranjak meninggalkan pengadilan.(inikata/fin)

Komentar