Kontraktor Stadion Barombong Yang Ambruk Pernah Cacat Administrasi
7 Desember 2017 18:21
Stadion Barombong Yang Pernah Ambruk Beberapa Waktu Lalu (istimewa)

MAKASSAR, INIKATA. com – Ketua Komisi Pemantau Persaingan Usaha (KPPU) Makassar, Ramli Simanjuntak menuding adanya catatan hitam yang dimiliki oleh PT Subur Sejahtera yang merupakan kontraktor yang melakukan pekerjaan Stadion Barombong.

Selain itu dirinya juga mencatat track record buruk milik yang dikabarkan milik Jusuf Kadir Tahar bersaudara ini pernah disanksi akibat terbukti bersalah melanggar Undang Undang nomor 5 tahun 1999 tentang persaingan usaha tidak sehat oleh KPPU.

Menurut Ramli saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut, dan mengaku telah mengeluarkan putusan berupa sanksi administrasi berdasarkan putusan KPPU No. 09/KPPU-L/2013, PT Subur Sejahtera telah dijatuhi hukuman denda sebesar Rp3 miliar lebih sebab ditengarai melakukan perjalanan pengaturan alias persekongkolan dalam memenangkan tender proyek pelebaran jalan di Tampa Padang Mamuju Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Sulawesi Barat Tahun Anggaran 2012.

Usai di sanksi administrasi, sepengetahuan Ramli, undang-undang akan memperbaiki dan membenahi cara kerja PT Subur Sejahtera agar tak lagi melakukan pengaturan, sehingga saat itu tidak di black list.

Hanya saja melihat kejadian yang baru baru ini terjadi, jelas sangat disayangkan, Sebut Ramli, terlebih kalau benar sebabnya karena masalah kontruksi yang tidak memadai.

“Sebenarnya kita hanya sebatas mengawal persaingan usahanya, jadi soal itu bukan lagi ranah KPPU, kita hanya melihat dari proses pemenangan tendernya, apakah ada konkalikong dengan pelaksana proyek dengan modus-modus tertentu dan menimbulkan persaingan tidak sehat atau tidak, yang jelas saya hanya membenarkan bahwa perusahaan tersebut, PT Subur Sejahtera memang pernah kami sanksi karena melanggar undang-undang,” tegas Ramli. (**)