oleh

LBH Makassar Kecam Warga Gowa yang Ikat Seorang Ibu di Tiang Listrik

MAKASSAR, INIKATA.com – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar, mengecam tindakan warga yang mengikat seorang ibu ke tiang listrik setelah tertangkap tangan melakukan pencurian di Kabupaten Gowa, Rabu (08/08) kemarin.

Aktivis LBH, Azis Dumpa menilai, aksi itu adalah tindakan yang tidak manusiawi. Menurutnya, seseorang yang diduga melakukan tindak pidana harus diserahkan ke Polisi, bukan di hakimi.

“Sangat disayangkan dan tidak dibenarkan masyarakat main hakim sendiri, meskipun sesorang diduga kuat melakukan tindak pidana. Seharusnya terduga pelaku diserahkan kepada Polisi untuk doproses secara hukum,”kata Azis, Kamis (09/08/2018).

Pencurian yang dilakukan oleh perempuan paruh baya bernama Nurmi (40) itu kata Azis, tidak dapat dijadikan alasan untuk mengikat dan memperlakukan seseorang sesuka hati.

“Yang harus dipahami masyarakat dalam peristiwa tindak pidana adalah, yang kita lawan itu prilaku kejahatannya, sedangkan pelakunya harus tetap diperlakukan secara manusiawi,”ucap Azis.

Sebelumnya, beredar video seorang ibu tengah diikat oleh warga di Kabupaten Gowa. Alasannya, Nurmi tertangkap basah tengah mencuri salah satu barang milik pengantar Jamaah Calon Haji .(awi)

Komentar