Maddusila Wafat, Siapa Rival Kuat Adnan pada Pilbup Gowa Mendatang?
14 Juni 2018 11:05

MAKASSAR, INIKATA.com – Raja Gowa ke-37, almarhum Andi Maddusila merupakan patron kuat yang mempunyai pengaruh di kabupaten Gowa.

Sosok mantan calon Bupati Kabupaten Gowa ini juga merupakan pusat kecenderungan dalam mengarahkan dukungan politik pada salah satu calon Gubernur Sulsel.

Terbukti, saat beberapa kali ia mencalonkan diri sebagai Bupati Kabupaten Gowa. Meski tak pernah unggul, namun sulit untuk dipungkiri jika Andi Maddusila merupakan lawan kuat klan Yasin Limpo.

Yang menjadi pertanyaan dari berbagai kalangan saat ini bahwa adakah sosok yang mampu menggantikan Andi Maddusila sebagai rifal kuat klan Yasin Limpo atau yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Yasin Limpo.

Pengamat politik Universitas Hasanuddin, Sukritamma menilai hingga saat ini ketokohan Andi Maddusila masih ada dan bahkan masih menjadi patron kuat yang masih punya pengaruh dalam menentukan kebijakan politik.

“Namun pertanyaanya adalah apakah ada sosok kuat dalam keluarga saat ini yang memiliki kemampuan seperti almarhum dalam menggalang dukungan termasuk jika ingin mengalihkan,” terang Sukri Tamma kepada INIKATA.com.

Untuk sosok keluar yang mampu menyaingi Maddusila itu akan tergantung pada apakah sikap almarhum Madusilla yang berlawanan dengan keluarga Yasin Limpo yang merupakan reperesentasi sikap keluarga.

“Jika memang sikap keluarga maka akan ada figur yang dihadirkan untuk meneruskan apa yang telah dilakukan madusilla,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Sukri, jika itu hanya sikap pribadi yang mendapat dukungan masyarakat maka bisa jadi kepergian Madusilla juga akan menghilangkan potensi oposisi yang ada selama ini terhadap klan Yasin Limpo. (**)