oleh

Makna Ganda Kolom Kosong di Pilwalkot Makassar

MAKASSAR, INIKATA.com – Pengamat Politik UNHAS Makassar, Dr Aswar Hasan mengatakan kolom kosong dalam Pilwakot Makassar 2018 memiliki makna yang ganda.

“Kolom kosong ini bermakna ganda, kolom kosong adalah ancaman sekaligus keuntungan,” ujarnya.

Bagaimana dia sebagai ancaman? Aswar Hasan, jika pasangan tunggal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) tidak dikenali masyarakat dan visi misinya tidak diketahui oleh masyarakat.

“Nah, kalau untuk kentungannya, kita ibaratkan kolom kosong ini Sepakbola. Artinya calon tunggal sedang akan melakukan tendangan pinalti. Tergantung calon tunggal ini mensosialisasikannya,” tambahnya.

Aswar Hasan menambahkan, jika belum ada yang terlalu mengenal visi-misi dari calon tunggal, maka kolom kosong akan semakin kuat dan berada di atas angin.

“Dalam hal ini, orang tidak boleh dilarang untuk memilih kolom kosong. Karena itu merupakan sebuah alternatif,” bebernya.

Untuk itu, lanjut Aswar Hasan, tinggal masyarakat yang akan menentukan pilihannya dan datang ke TPS untuk memilih antara Appi-Cicu dan kolom kosong.

“Dengan kata lain, perlakuan sama terhadap kolom kosong dengan calon tunggal dalam hal ini harus sama,” tambahnya lagi. (**)

Komentar