oleh

MK Tolak Gugatan Appi-Cicu, Kolom Kosong Unggul di Pikada Makassar

MAKASSAR, INIKATA.com – Mahkama Konstitusi (MK) RI memutuskan untuk menolak gugatan pasangan calon Walikota Makassar, Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu).

Putusan tersebut melalui sidang pembacaan putusan perselisihan hasil pemilihan Walikota Makassar 2018, Jumat, (10/8/2018) siang tadi.

Dikutip dari salinan putusan MK RI, Ketua majelis hakim, Anwar Usman mengungkapkan saat membacakan amar putusan bahwa permohonan pemohon tidak memenuhi syarat.

“Menerima eksepsi termohon berkenaan dengan kedudukan hukum pemohon. Menyatakan pemohon tidak memiliki kedudukan hukum. Dalam pokok permohonan, menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima,” ucap Anwar Usman dalam salinan putusan tersebut.

Selain itu, Mahkamah Konstitusi juga menolak gugatan pasangan Danny Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi). Putusan tersebut juga dibacakan saat MK menggelar sidang penyelesaian sengketa Pilkada Makassar DIAmi di Gedung MK, Jakarta.

Salah satu lembaga tinggi negara itu menyatakan, jika gugatan DIAmi terhadap KPU Makassar tidak berdasar dan ditolak.

“Menerima eksepsi termohon berkenaan dengan kedudukan hukum pemohon. Menyatakan pemohon tidak memiliki kedudukan hukum. Dalam pokok permohonan, menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima,” ujar Anwar Usman

Sebelumnya, Tim Hukum Appi-Cicu menganggap, khusus untuk permohonan yang diajukan pemohon, merujuk pada kajian teoritis di atas, maka sekalipun selisih perolehan suara pemohon sebagaimana dimaksud pada uraian huruf d di atas melebihi ambang batas 0,5 % sebagaimana yang ditentukan oleh Peraturan Perundang-undangan.

Pasangan DIAmi mengajukan gugatan ke MK, lantaran menganggap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, dikarenakan tidak melaksanakan perintah Panwaslu untuk mengembalikan status DIAmi sebagai paslon yang akan bertarung di Pilkada Makassar 2018.

Diketahui, dalam rapat pleno KPU Kota Makassar beberapa waktu lalu memutuskan kolom kosong memperoleh suara sebanyak 300.795, sedangkan calon tunggal memperoleh suara sebanyak 264.245. (NHN)

Komentar