oleh

MK Tolak Semua Gugatan Pilkada Asal Sulsel

MAKASSAR, INIKATA.com – Mahkamah Konstitusi (MK) RI memutuskan untuk menolak semua gugatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang ada di Sulawesi Selatan.

Seperti halnya pada pasangan calon Walikota Makassar, Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu).

Dikutip dari salinan putusan MK RI, Ketua majelis hakim, Anwar Usman mengungkapkan saat membacakan amar putusan bahwa permohonan pemohon tidak memenuhi syarat.

Menerima eksepsi termohon berkenaan dengan kedudukan hukum Pemohon. Menyatakan Pemohon tidak memiliki kedudukan hukum. Dalam Pokok Permohonan, menyatakan permohonan Pemohon tidak dapat diterima,” ucap Anwar Usman dalam salinan putusan tersebut.

Selain gugatan Appi-Cicu, MK juga menolak gugatan pasangan Danny Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi). Hal yang sama juga terjadi pada Pilwalkot Pare-Pare, Faisal Andi Sapada-Asriadi Samad (FAS), dan pilkada Palopo Akhmad Syarifuddin Daud-Budi Sadam.

Bukan hanya itu, hal tersebut juga dialami pasangan Andi Sugiarti Mangun Karim-Andi Mappatoba (SumangaNA) yang merupakan calon Bupati Kabupaten Bantaeng, dan pilkada Sinjai Takyuddin Masse-Mizar Roem (TMS) serta Sabirin Yahya-Mahyanto (SBY).

Sekedar diketahui, sebagian besar gugatan paslon tersebut ditolak lantaran tidak mampu memenuhi syarat selisih suara yang telah ditetapkan. (NHN)

Komentar