oleh

Mudik Lebaran 2018, Segini Jumlah Tarif Baru Bus Berlaku Hari Ini

MAKASSAR, INIKATA.com — Mulai hari ini sejumlah PO memberlakukan tarif baru. Yakni ada kenaikan paling tinggi 20 persen. Kenaikan tarif ini berlaku smapai arus balik berakhir.

Seperti diungkapkan, pengelola Perwakilan PO Bintang Prima, Pak Ketut. Kepada Palopo akan ada kenaikan harga tarif bus untuk semua rute. “Dimulai biasanya H-7 itu pak,” katanya baru-baru ini.

Menurutnya, kenaikan tiket bus setiap lebaran pasti ada dengan tidak lebih 20 persen.

Adapun tarif normal bus PO Bintang Prima jurusan Palopo-Makassar yakni kelas bus Air Suspension Rp150 ribu, bus Scania Rp170 ribu, Sleeper Bus kursi Rp190 ribu, dan Sleeper Bus bed Rp210 ribu.

Jika dinaikkan 20 persen, maka tarif bus untuk kelas Air Suspension menjadi Rp180 ribu, bus Scania menjadi Rp204 ribu, Sleeper Bus kursi Rp228 ribu, dan Sleeper Bus bed Rp252 ribu.

Untuk PO Bintang Timur, harga tiket normal bus tujuan Palopo-Makassar sebesar Rp200 ribu. Dengan tarif baru akan menjadi Rp240 ribu.

Kelas Ekonomi

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi menyebutkan Perusahaan Otobus atau PO bus dilarang menaikkan harga tiket selama musim mudik melebih harga batas atas yang telah ditentukan. Imbauan tersebut berlaku bagi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) kelas ekonomi.

“Pemerintah telah mengatur untuk tiket bus AKAP Ekonomi, harganya tidak boleh melebihi batas atas yang telah ditetapkan,” kata Budi Setiyadi.

Sedangkan untuk bus AKAP kelas bisnis dan eksekutif harga bisa disesuaikan dengan mekanisme pasar, dengan aturan mencamtumkan harga pada tiket yang diberikan penumpang dan juga pada loket penjualan tiket.

Bus kelas ekonomi sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Yang paling murah adalah jenis bus kelas ekonomi tanpa fasilitas pendingin udara atau AC dan tanpa toilet.

Bus ini paling banyak digunakan untuk melayani rute pendek antar kota yang bisa ditempuh dalam hitungan satu atau dua jam saja. Sedangkan bus kelas ekonomi dengan fasilitas pendingin udara (AC) memiliki konfigurasi kursi yang berbeda yakni 2-2 sehingga lebih nyaman namun tetap tidak disertai dengan fasilitas toilet di dalam bus. (Inikata/Fajar Group)

Komentar