oleh

Nigel Hasrul dan Nadya Oktaviani Jadi Duta Wisata 2018 Bulukumba

BULUKUMBA, INIKATA.com – Nigel Hasrul dan Nadya Oktaviani Bahar terpilih sebagai Duta Wisata Bulukumba 2018. Terpilihnya kedua putra putri ini setelah melewati Grand Final Pemilihan Duta Wisata yang berlangsung di GOR Bulukumba, Sabtu, (11/8/2018).

Juri pada Grand Final Pemilihan Duta Wisata Bulukumba melibatkan Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto, kemudian Kepala Bidang Pengembangan SDM Dinas Pariwisata, Andi Ayu Cahyani, dan Ketua Adwindo, Zulkifli. Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Bulukumba, Siti Isniyah, Ketua DWP Bulukumba, Irmayanti Asnawi, Direktur Harian Radar Selatan, Sunarti Sain, dan ratusan suporter finalis yang hadir memberikan semangat.

Kepala Dinas Pariwisata Ali Saleng mengatakan, pemilihan dan penganugerahan Duta Wisata merupakan generasi muda yang memiliki perhatian dan kemauan dalam bidang kepariwisataan. Kompetisi tersebut diharapkan untuk menarik minat remaja khususnya untuk peduli terhadap daerahnya. Peduli terhadap potensi wisata yang ada di Kabupaten Bulukumba. Selain itu, yang lebih penting adalah kompetisi ini bisa untuk mengasah intelektual sekaligus media promosi pariwisata.

“Semoga gelar duta wisata senang tiasa memberikan dorongan dan semangat untuk berkarya,” harapnya.

Sebagai daerah yang memiliki potensi di sektor pariwisata, diharapkan dapat dipromosikan dengan baik oleh duta wisata. Mengenalkan Bulukumba dengan prinsip Sapta Pesona, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan. Pariwisata di Bulukumba memiliki eksotika pariwisata yang tak kalah menarik dengan pariwisata di daerah lain.

“Itu sebabnya berbagai upaya harus dilakukan dalam menggenjot sektor pariwisata ini, dan salah satunya adalah dengan melaksanakan Pemilihan Duta Wisata tingkat Kabupaten Bulukumba,” ujarnya.

Duta Wisata, lanjut Ali Saleng, bukan suatu prestise yang hanya sekedar nama belaka, melalui kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan insan pemuda/pemudi yang berkualitas, berprestasi dan berpotensi dan menjadi ikon Bulukumba yang sadar wisata. Duta Wisata Bulukumba diharapkan menjadi motor penggerak masyarakat sadar wisata dengan Sapta Pesona Pariwisata yang bertugas mempromosikan wisata Bulukumba dan sehingga mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bulukumba.

Lebih lanjut Ali Salieng mengatakan memajukan pariwisata Bulukumba menjadi tanggungjawab kita bersama. Pariwisata adalah sektor majemuk, dimana banyak sektor usaha dari masyarakat yang terlibat dalam sektor ini, seperti transportasi, penginapan, kuliner dan kerajinan lainnya.

Juara 1 dalam pemilihan Duta Wisata yakni Nigel Hasrul merupakan mahasiswa teknik Industri Universitas Hasanuddin Makassar berasal dari Kecamatan Gantarang, dan Nadya Oktaviani Bahar, mahasiswi Jurusan Hukum Pidana UIN Alaudin Makassar dari Kecamatan Ujung Bulu. Juara II, Ferdian Fariz, mahasiswa jurusan Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin asal Kecamatan Bulukumpa dan Dini Amanalia Surisman, siswa SMAN 8 Model Bulukumba dari Kecamaatan Ujung Bulu. Juara III, Muh Dimas, pelajar SMAN 7 Bulukumba dari Kecamatan Ujung Bulu, dan Andi Nurul Khaeriza, mahasiswi Kedokteran UIN Alauddin Makassar dari Kecamatan Gantarang.

Adapun kategori Best Fotogenic jatuh pada Zulfa Tahilah dan Mutia Maulidia, Best Talent jatuh pada Iswar Hariza dan A. Poppy Handayani. Untuk Best Social Media diraih Muh Ikbal dan Ahriani Ananda, sedangkan Best Intelegencia oleh Feri Irawan dan Ahriani, terakhir Best Favorit diraih oleh A . Ikhwanul Qiram dan Regina Elsya Agusti. (DIR)

Komentar