oleh

Partisipasi Pemilih di Pilkada Serentak 2018 Menurun, Kesbangpol Makassar Lakukan Ini

MAKASSAR, INIKATA.com – Partisipasi pemilih di Pilwalkot Makassar mengalami penurunan dibanding pemilihan 5 tahun lalu. Hal ini membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menjadi sangat prihatin.

Tidak ingin hal itu terulang di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, Pemkot Makassar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi pentingnya pemilu.

Dengan tema “Melalui bimtek, kita wujudkan pemilu 2019 yang berkualitas dan berintegritas dengan semangat demokrasi” Kesbangpol mengumpulkan sejumlah Kepala Rukun Tetangga (RT) yang ada di Makassar.

“Kita lakukan Bimtek ini supaya warga tahu tahapan-tahapan pemilu. Pemilihan Walikota sudah dilaksanakan, tapi partisipasi nya sangat rendah,”kata Kaban Badan Kesbangpol, Jamain, Senin (09/07/2018).

“Masyarakat perlu tahu bahwa pemilu sangat penting. Sebagai warga negara yang baik, jangan ada yang golput, harus digunakan hak pilihnya,”ujarnya.

Seperti diketahui, pada Pilkada serentak tahun 2018 ini, partisipasi pemilih mengalami penurunan. Terkhusus di Kota Makassar, partisipasi pemilih hanya mencapai 57 persen, sangat berbeda dengan 2013 yang lalu sebanyak 59 persen.(**)

Komentar