oleh

Penyakit Diabetes Bisa Ganggu Gairah Seksual? Berikut Penjelasannya…

INIKATA.com – Komplikasi penyakit diabetes bisa berbagai macam dari atas kepala hingga kaki. Diabetes bisa menyebabkan gagal ginjal, kebutaan, luka ada kaki, hingga masalah reproduksi. Gairah seks bisa menurun drastis saat seseorang mengidap masalah diabetes.

Berdasarkan penelitian, manusia rata-rata mengonsumsi sekitar 25-30 kilogram gula dalam satu tahun, yaitu sekitar 300 kalori per hari.

Campuran gula ini bila dikonsumsi akan dipecah oleh enzim yang disebut sukras. Lalu endapan ini memecah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Glukosa diserap ke dalam aliran darah untuk diangkut ke seluruh tubuh agar sel-sel memecahnya dan menyediakan energi untuk fungsi tubuh.

Insulin, hormon yang ada di pankreas, adalah salah satu yang memutuskan apakah glukosa yang telah memasuki darah perlu disimpan atau dimetabolisme untuk menyediakan energi.

Ketika glukosa dan fruktosa tidak diserap oleh sel untuk dipecah, kadar gula darah akan naik. Hal itu akan mempengaruhi gairah seks.

Bagaimana Itu Terjadi?

Dilansir dari Boldsky, Kamis (12/4), kadar gula darah yang tinggi menyebabkan kerusakan pada saraf dan pembuluh darah, pada gilirannya menurunkan kepekaan dalam tubuh. Rangsangan yang menurun dan tekanan darah tinggi disertai diabetes, membuat sulit bagi pria untuk mencapai ereksi hingga berujung pada kasus disfungsi ereksi.

Tak hanya pria, wanita pun bisa mengalami penurunan gairah seks. Pembuluh darah yang memasok darah ke vagina dan klitoris akan berpengaruh. Sehingga menyebabkan penurunan gairah dan kekeringan pada Miss V. Sehingga sulit mencapai orgasme.

Hal ini akan menyebabkan depresi jangka panjang, ketidakseimbangan hormon, dan mungkin juga menyebabkan gangguan mental lainnya.

Perempuan juga akan mengeluhkan siklus menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut di tempat-tempat aneh dan ledakan jerawat tiba-tiba. Pada pria, kadar testosteron terlihat menurun, karena dorongan seks anjlok.

Maka sebelum terkena diabetes, sebaiknya mulai saat ini agar bisa mengurangi minuman manis dan konsumsi gula. Apalagi soda dan alkohol. (Inikata/fajar)

Komentar