oleh

PHP Ome-Bisa Sudah di MK, Begini Penjelasan Komisioner KPU Palopo

PALOPO, INIKATA.com — Penetapan walikota dan wakil walikota Palopo terpilih terpaksa diundur. Pasalnya, permohonan Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) dari kuasa hukum Ome-Bisa sudah terdaftar di MK, Rabu (11/7/2018).

Dari laman website MK tertera, bahwa permohonan PHP Ome Bisa via online terdaftar dalam Akta Pengajuan Permohonan Pemohon (APPP) dengan nomor 48/1/PAN.MK/2018 tertanggal 10 Juli 2018.

Dan, Rabu (11/7/2018) pagi, PHP Ome Bisa terdaftar dengan nomor tanda terima 51/PAN/PHP-KOT/2018.

Dimana isi pokok perkara PHP dari pemohon Ome Bisa kepada termohon KPU Kota Palopo adalah proses pelaksanaan pelaksaan Pilkada Kota Palopo yang tidak fair dengan tidak dilaksanakannya rekomendasi Panwaslu oleh KPU Kota Palopo.

Soal PHP ini, dibenarkan oleh Komisioner KPU Kota Palopo Divisi Hukum, Faisal Mustafa. Kata dia, berdasarkan jadwal di MK pencantuman Permohonan PHP ke dalam Buku Registrasi Perkara jadwalnya tgl 23 juli.

“Jadi, apabila permohonan Ome Bisa tidak lanjut sidang, berarti penetapan paslon setelah tanggal 23, tetapi apabila lanjut persidangan, berarti paling lambat 3 hari setelah putusan,” kata Faisal.

“Tdk ada kata batal, karena memang tahapan penetapan paslon terpilih belum saatnya,” lanjutnya lagi.

Terpisah, Kuasa Hukum Ome Bisa, Sharma Hadeyang, mengatakan PHP tersebut sudah diserahkan seluruhnya.

“Iya dek, sejak kemaren sudah mendaftarkan gugatan ke MK. Tadi siang sudah serahkan seluruh dokumen,” tandasnya.

Komentar