Piala Dunia 2018: Gol Mbappe Bawa Prancis Lolos 16 Besar
22 Juni 2018 3:29
Francis

INIKATA.com — Prancis harus berjuang keras untuk bisa memastikan kemenangan 1-0 atas Peru, pada matchday kedua Grup C Piala Dunia 2018, Kamis (21/6) malam WIB.

Kylian Mbappe jadi pahlawan, melalui gol semata wayangnya yang terjadi pada menit ke-34. Gol tersebut membuatnya jadi pemain termuda timnas Prancis, yang torehkan gol di turnamen akbar sepakbola (Euro dan Piala Dunia).

Prancis mendominasi permainan, lepas sepakan mula dilakukan. Tidak heran bila kemudian sederet peluang emas untuk mencetak gol mereka hadirkan.

Dimulai pada menit ke-11 tatkala Antoine Griezmann yang lepas dari kawalan tiga bek Peru, mampu lepaskan tembakan tajam. Sayang bola masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Peru.

Bek tengah andalan Prancis, Raphael Varane, nyaris saja masuk ke papan skor tiga menit berselang. Tandukannya melayang beberapa centimeter saja di atas gawang Peru, menyambut umpan tendangan bebas Griezmann.

Lebih bersabar dalam melancarkan serangan, Prancis akhirnya unggul 1-0 ketika laga memasuki menit ke-34. Adalah Kylian Mbappe yang jadi pencetak gol, usai menyontek bola ke gawang kosong hasil tembakan Olivier Giroud yang terbentur blok bek Peru.

Hasil tersebut bertahan hingga turun minum, sebagaimana Peru urung bereaksi cepat untuk mengejar ketertinggalan.

Namun wakil Amerika Selatan itu mampu bangkit secara luar biasa pada babak kedua. Mereka mampu mendominasi permainan dan memaksa Prancis bertahan dengan begitu dalam.

Peluang emas langsung Peru dapatkan ketika duel menginjak menit ke-50. Tembakan kencang Pedro Aquino dari luar kotak penalti, secara sial membentur mistar gawang Prancis. Namun kegagalan itu tak lantas menghentikan gelombang serangan.

Dua peluang Andre Carillo pada menit ke-57 dan 62 melalui sontekan ringan dan tembakan spekulatif, menguji ketangguhan kiper utama Prancis, Hugo Lloris.

Pemain pengganti Peru, Jeferson Farfan, hadirkan peluang emas lainnya di menit ke-73. Sontekan ringannya menyambut sodoran brilian Carillo, secara sial hanya menyamping beberapa centimeter saja dari gawang Prancis.

Tendangan bebas Paolo Guerrero di menit 86 jadi peluang terakhir Peru samakan kedudukan, yang mampu diamankan Lloris. Pada akhirnya skor 1-0 untuk Les Bleus bertahan hingga pertandingan usai. (Inikata/FIN)