Pilgub Jateng: Ganjar-Taj Yasin Maimoen 1, Sudirman Said-Ida Fauziyah 2
14 Februari 2018 0:25
Pencabutan Nomor Urut di Pilgub Jateng (Dok. JawaPos)

INIKATA.com – Pemilihan Gubernur Jawa Tengah memasuki tahapan pengundian nomor urut pasangan calon, Selasa (13/2). Hasilnya, Paslon Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen mendapatkan nomor urut 1 dan paslon Sudirman Said-Ida Fauziyah nomor urut 2.

Dalam pengundian nomor urut calon yang digelar di Hotel Patrajasa, Semarang itu, ratusan pendukung kedua paslon hadir memadati pelataran hotel hingga ruangan tempat acara utama berlangsung. Dimana lantunan jingle saling sahut dinyanyikan masing-masing pendukung.

Pada kesempatan itu pula, Gus Yasin, sapaan akrab wakil calon gubernur dari Ganjar Pranowo mengatakan, dengan diperolehnya nomor urut satu, maka dirinya berharap untuk jadi yang terdepan.

“Insya Allah dengan nomor urut satu, kita menjadi nomor satu,” ujarnya, Selasa (13/2) malam.

Sementara, Ganjar sendiri tak berbicara banyak pada kesempatan itu. Ia hanya mengucap keinginannya bahwa Pilgub kali ini bisa berjalan lancar dan menjadi percontohan di daerah lain. “Sampai jumpa di TPS,” katanya.

Sedangkan calon wakil gubernur Jateng nomor urut 2, Ida Fauziyah mengaku memang sejak dari awal untuk menginginkan jadi yang kedua.

“Entah kenapa saya selalu berharap mendapatkan nomor 2 dan Alhamdulillah doa saya terkabul. Nomor 2 adalah nomor keberuntungan, masyarakat harus menyambut pesta demokrasi dengan gembira ria,” imbuhnya.

Sudirman Said yang berbicara setelahnya, membeberkan pendapatnya terkait makna nomor yang diperolehnya.

“Feeling kita memang kita mendapatkan nomor 2. Nomor 2 itu (dalam Pancasila) kemanusaan yang adil dan beradab. Karena itu, ini adalah tugas kemanusiaan untuk membawa keadilan yang beradab. Nomor 2 itu victory atau kemenangan. Nomor 2 itu lambang bendera merah putih,” imbuhnya panjang.

Sementara kedua paslon menyampaikan pandangannya terhadap nomor urut mereka, kedua pendukung sempat saling berteriak yel yel sesuai masing-masing paslon. Bahkan, tidak jarang pendukung juga saling menyindir.

Lebih lanjut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Joko Purnomo menambahkan, dengan berakhirnya pengundian nomor urut maka prosesi pesta demokrasi di wilayahnya akan terus berjalan.

Ia mengimbau kepada para tim pemenangan dengan seluruh basis massa agar tetap menjaga situasi tetap kondusif. “Mari jalankan pesta demokrasi ini dengan berbudaya dan bermartabat,” tegas Joko. (Inikata/JawaPos)