oleh

PKS Merasa Berhak Isi Kursi Wagub DKI, Usai Sandi Cawapres

INIKATA.com Naiknya Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden (Cawapres) Prabowo Subianto berimbas pada kosongnya kursi wakil gubernur DKI Jakarta. Beredar kabar, Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai pihak yang berhak atas jabatan itu.

Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, hak kursi Wagub DKI Jakarta merupakan milik partainya. Hal itu sebagai timbal balik atas kerelaan PKS memberikan jatah Cawapres kepada Gerindra.

“Secara aturan yang bakal ganti pak Sandi adalah dari PKS atau Gerindra. tetapi karena PKS memberikan hak Wapres kepada Gerindra, tentu mereka juga memberikan hak prioritas kepada PKS untuk mengganti Wagub,” ujar Sohibul di kantor KPU Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/8).

Santer beredar kabar jika Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera akan menggantikan posisi Sandi. Namun isu itu ditepis oleh Sohibul. Sebab partai belum membahas hal itu lebih lanjut. “Itu belum (ada keputusan kalau Mardani yang jadi Wagub),” kilahnya.

Lebih jauh Sohibul mengatakan, partai akan lebih dulu menggodok nama untuk menjadi Wagub pada Senin (12/8) mendatang. Dalam proses itu baru bisa disimpulkan siapa yang layak diberi jabatan itu.

“Dalam waktu dekat ini (akan dibahas). Senin sudah proses, di situ akan tahu namanya,” pungkasnya. (**/JPC)

Komentar