oleh

Polres Selayar Gelar RAT 2017

SELAYAR, INIKATA.com – Primer Koperasi Polres Kepulauan Selayar (Primkoppol) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2017 yang digelar di Baruga Bonerate Jalan Jenderal Ahmad Yani Kelurahan Benteng Selatan, Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Rabu (14/3/2018).

RAT ini dipimpin langsung oleh ketua Primkoppol, Bustan SH dan dihadiri oleh para pengurus para pengawas serta seluruh anggota Primkoppol. RAT ini juga dihadiri oleh Wakapolres Kompol Syamsudin, P. SH, Kepala Dinas Koperasi Hisbullah Kamarudin, S.TP, MM , Ketua Dekopinda Kabupaten Kepulauan Selayar Hisbullah.

Wakapolres Kepulauan Selayar, Kompol Samsuddin P, SH dalam sambutannya mengatakan, bahwa Anggota Primkoppol patut bersyukur karena Primkoppol sudah dapat melaksanakan RAT TB 2017. Ia berharap dengan Koperasi yang beraset cukup besar.

“Anggota juga dapat memanfaatkannya secara maksimal, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan keluarga, karena berpengaruh terhadap jumlah SHU yang diterima karena harga kebutuhan yang disiapkan sama dengan toko lainnya,”paparnya.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UKM Hisbullah Kamaruddin sangat mengapresiasi atas terlaksananya RAT Primkoppol ini. Menurutnya hingga saat ini Koperasi masih dinilai sebagai pilihan sistem ekonomi yang terbaik untuk indonesia.

Koperasi selain dibangun dengan prinsip kesejahteraan bersama juga bergerak dalam kegiatan sosial, seperti yang telah ditunjukkan oleh Primkoppol dengan mengeluarkan Dana Sosial sebesar 5 persen dan 2,5 persen untuk Dana Pendidikan.

“Dari 190 Koperasi yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar hanya 30 Koperasi yang dinyatakan sehat di Kabupaten Kepulauan Selayar. Dari 30 Koperasi yang sehat Primkoppol Polres Kepulauan Selayar adalah yang terbaik di Kabupaten Kepulauan Selayar,”Kata Hisbullah.

Lebih lanjut, selaku kepala Dinas Koperasi pihaknya telah merekomendasikan agar koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar dapat menjadi tempat untuk studi Banding.

Dalam LPJ yang disampaikan oleh Ketua Kompol Bustan SH dan Sekretaris H. Ahdiansar dosebutkan bahwa Primkoppol Polres Kepulauan Selayar bergerak pada kegiatan usaha yang terdiri dari unit usaha pertokoan, unit simpan pinjam, unit kantin, unit fotocopy dan peternakan .

Saat ini permodalan Primkoppol sudah mencapai Rp. 8.569. 852. 362,- dengan rincian Jumlah pinjaman Anggota sebesar Rp 6. 394. 000.000,- , sedangkan Daftar simpanan anggota sebesar Rp 4. 949. 251. 850 , dan sisa hasil usaha sebesar Rp. 1. 029.609.862.- Dari jumlah SHU tersebut D aftar pembagian SHU untuk Anggota sebesar Rp 575.972.000.-.

“Primkoppol juga telah memberikan santunan kepada anggota koperasi dan keluarganya yang meninggal dunia maupun yang dirawat di rumah sakit berupa uang tunai sebesar Rp750.000 bagi yang dirawat di rumah sakit dan satu juta Rp 1.500.000 bagi yang meninggal yang bersumber dari dana sosial yang ada pada Primkoppol, selama tahun baru 2017 Primkoppol telah memberikan dana sosial dengan total Rp 43.000.000.,” Kata Kompol Bustan, SH yang saat ini menjabat sebagai Kabag Sumda Polres Kepulauan Selayar.

Disebutkannya pula bahwa, di bidang pendidikan Primkoppol juga memberikan beasiswa kepada 24 orang putra-putri anggota berprestasi pada semester genap tahun pelajaran 2016-2017 dengan total Rp. 22. 850.000, – yang bersumber dari dana pendidikan Primkoppol.

Pada pelaksanaan RAT ini, Primkoppol juga memberikan Undian Door Prize dengan Hadiah Utama 1 Unit Motor, 1 Unit Sepeda, dan Hadiah Uang Tunai Rp. 2.000.000, serta puluhan hadiah lainnya.

Komentar