oleh

Prediksi Timnas Indonesia Vs Thailand Final AFF U-16, Garuda Asia Diuntungkan

INIKATA.com – Laga pamungkas akan menjadi tontonan menarik pagi para pecinta sepak bola Indonesia, bagaimana tidak. Garuda Asian, Tim nasional (timnas) Indonesia U-16 bakal menghadapi Thailand U-16 di ajang final Piala AFF U-16 2018. Laga ini akan di mainkan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8) malam ini.

Bertindak sebagai tuan rumah, Indonesia bertekad untuk menuntaskan dahaga juara. Pasalnya, sejak ajang ini digelar pada 2002, Indonesia belum pernah merasakan manisnya gelar juara.

Prestasi terbaik yang pernah ditorehkan adalah menjadi runner-up pada 2013. Ketika itu, turnamen digelar di Myanmar dan pada partai final Indonesia takluk dari Malaysia lewat babak adu penalti.

Sebaliknya, Thailand adalah tim tersukses di turnamen ini bersama Vietnam. Kedua tim itu sudah mengoleksi tiga gelar juara di Piala AFF U-16.

Melihat rekam jejak kedua tim, ini bukan pertama kalinya mereka bertemu. Teranyar, dalam dua tahun terakhir mereka sudah bertemu dua kali. Pertama, Indonesia takluk dari Thailand di Piala AFF U-15 tahun lalu dengan skor tipis 1-0. Namun di tahun yang sama Indonesia berhasil membalas, juga dengan skor 1-0 pada kualifikasi Piala Asia U-16 2018.

“Materi yang dibawa mereka sama seperti di kualifikasi Piala Asia. Kalau mereka anggap tahu cara main kami, tentu kami tahu cara main mereka. Artinya, kedua tim sudah saling mengetahui akan kekuatan dan kelemahan masing-masing,” ucap Fakhri.

Pada laga ini, faktor kebugaran pemain bakal jadi salah satu penentu. Mengingat, kedua tim hanya punya jeda satu hari untuk recovery setelah menjalani laga semi-final, Kamis (9/8) lalu.

“Saya bersyukur pemain saya cukup bugar dan fit. Tak ada pemain yang cedera atau sakit yang serius. Artinya, 23 pemain siap bermain,” tandas Fakhri.

Di lain pihak, pelatih Thailand U-16, Thongchai Rungreangleas, menyadari laga ini tak akan mudah bagi timnya. Apalagi Indonesia dipastikan bakal didukung puluhan ribu suporternya di stadion.

“Untuk pertandingan final, yang menjadi fokus saya adalah para pemain bermain berdasarkan taktik dan filosofi yang sudah direncanakan,” kata Thongchai.

“Kami harus bermain cerdas yang mana kami mesti menguasai penguasaan bola. Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit, tetapi kami memilih lebih fokus pada tim kami sendiri dan bagaimana kami berkembang di seluruh turnamen ini daripada siapa yang kami hadapi,” tandasnya.

Prediksi Susunan Kedua Tim:

Thailand U-16: Anuchid Taweesri; Arthit Bua Ngam, Chatmongkol Rueangthanarot, Jakkrapong Sanmahung, Pongsakorn Innet; Thanarin Thumsen, Sarawut Soawaros, Thanakrit Laorkai, Thiraphong Yangdi; Sitthinan Rungrueang, Kittiphong Khetpara

Indonesia U-16: Ernando Ari Sutaryadi; Amiruddin Bagas Kaffa, Fadilah Nur Rahman, Komang Teguh Trisnanda, Mochamad Yudha Febrian; David Maulana, Andre Oktaviansyah, Brylian Neghieta Dwiki Aldama, Mochammad Supriadi, Muhammad Fajar Fathur Rachman; Amiruddin Bagus Kahfi.(**)

Komentar