Proyek Pembangunan Embung Masuk Tahap Pembebasan Lahan
10 Juni 2018 21:54

PAREPARE, INIKATA.com – Proyek pembangunan Embung di Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki Kota Parepare sudah masuk dalam tahapan pembebasan lahan. Saat ini lahan seluas 4,8 Hektar di lokasi tersebut dalam tahapan penyelesaian berkas untuk segera dilakukan pembayaran kepada pemilik lahan

“Kita tinggal akan melakukan pembayaran kepada pemilik lahan, kita tinggal menunggu laporan resmi dari tim apresal karena luasan wilayah sudah ada dan kita tinggal menunggu konsep nilai harga agar kami melakukan sosialisasi harga ke warga untuk segera dilakukan pembayaran,” Jelas Ulfa Lanto, Ulfa Lanto Kepala Seksi pengadaan dan Penataan tanah Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat

Sebelumnya , Kepala balai besar wilayah sungai jeneberang, Ir T Iskandar MT pada pertemuannya dengan Pjs Wali kota Parepare, Lutfie Natsir meminta dukungan kepada pemerintah kota Parepare agar proses pembangunan embung segera berjalan dan menggunakan anggaran semaksimal mungkin agar tida ada pengembalian.

Iskandar menambahkan, terkait pembangunan embung, dalam waktu dekat ini akan dilakukan penandatangan tahap pertama senilai 17.5 miliar. “Nanti setelah penandatanganan kontrak, Minggu depan sudah dilakukan konsolidasi agar pekerjaan sudah dapat dimulai,” Jelas Iskandar.

Iskandar menyampaikan pembangunan embung dengan kapasitas 115 ribu meter kubik ini nantinya diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan air dan mudah mudahan 2019 mendatang kebutuhan kita dapat memenuhi. “Sekarang ini non musim, jadi pasokan air sangat kecil,” Jelasnya.

Permintaan ini langsung direspon oleh Lutfie Natsir dengan memerrintahkan kepada jajaran Camat dan Lurahuntuk melakukan koordinasi dengan masayarakat pemilik lahan.

“Pemkot Parepare memberikan jaminan untuk mensukseskan dan mendukung penuh pembangunan embung hingga dapat dipergunakan dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Kota Parepare,”tegas Kepala Inspektorat Provinsi sulsel ini.(**)