Puluhan Tahun Berkuasa, Klan Yasin Limpo Akhirnya Tumbang di Pilgub Sulsel 2018
27 Juni 2018 22:31
Rilis Hasil Quick Count yang Digelar CRC

MAKASSAR, INIKATA.com – Setelah sekian lama berkuasa di daerah Provinsi Sulawesi Selatan, klan Yasin Limpo akhirnya tumbang pada Pilkada serentak 2018.

Sekitar pukul 20.00 wita Lembaga Survei Quick Count Pemilukada Sulsel secara resmi merilis hasil perolehan suara yang didapat oleh empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan di Sheraton Hotel Kota Makassar, Rabu (27/6/2018).

Empat pasangan calon itu adalah Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar nomor urut 1, Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo nomor urut 2, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman nomor urut 3, dan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar nomor urut 4.

Berdasarkan data masuk sebanyak 96 persen dengan jumlah partisipasi pemilih 75 persen, Quick Count dapat memastikan bahwa pasangan calon yang terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel 2018, adalah Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) dengan perolehan suara sebanyak 42,69 persen, disusul oleh Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar dengan suara 26,35 persen, dibayangi oleh Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar dengan suara 21,56 persen kemudian, Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo dengan suara 9,39 persen.

Dalam keterangan resminya, Kepala Lembaga Celebes Research Center (CRC), Herman Heizer mengatakan, meskipun data yang masuk masih 96 persen, ia sudah dapat memastikan bahwa pada Pilkada serentak 2018 kali ini politik Dinasti turunan Yasin Limpo tumbang setelah dikalahkan oleh Prof Andalan.

“Berdasarkan hasil perhitungan suara dari sejumlah TPS se-Sulsel, sudah dapat dipastikan kalau yang terpilih pada Pilkada serentak 2018 adalah Prof. Andalan,” kata Herman Heizer saat merilis hasil perolehan suara di Sheraton Hotel Makassar.(**)