oleh

Ragu Tersangkakan Mantan Wapres, Begini Kata KPK

MAKASSAR, INIKATA.com – Kasus Bank Century kembali mencuat, kali ini, nama mantan Wakil Presiden Indonesia era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Boediono disebut-sebut punya peran pada kasus yang merugikan negara sebanyak Rp. 6,7 Triliun itu.

Nama Boediono muncul usai, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memerintahkan KPK agar menetapkan beberapa orang menjadi tersangka, salah satunya adalah mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarif, mengatakan, pihaknya tidak ingin gegabah dengan langsung menetapkan Boediono sebagai tersangka.

“Putusan praperadilan memerintahkan KPK untuk mentersangkakan seseorang, untuk mentersangkakan itu dibutuhkan alat bukti yang cukup. Kita tidak bisa serta merta,”kata Laode, Selasa (17/04/2018).

Putusan praperadilan itu menurutnya perlu dipelajari lebih lanjut. Pasalnya kata Laode, hasil penyelidikan KPK selama ini tidak pernah menemukan bukti kuat tentang keterlibatan Boediono.

Dirinya menganggap, tanpa perintah siapapun, jika KPK telah memiliki bukti yang cukup, maka pihaknya akan segera melakukan eksekusi.

“Tanpa putusan pengadilan pun, kalau seandainya alat buktinyya sudah mencukupi, pasti kita akan tindak lanjuti. Tapi masalahnya, kita sudah periksa beberapa orang dan menurut KPK itu belum mencukupi alat-alat buktinya,”ungkap Laode.(**)

Komentar