Sahur, Jalan Menjemput Berkah di Bulan Suci Ramadhan
16 Mei 2018 7:22

MAKASSAR, INIKATA.com – Bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah, setiap kebaikan yang dilakukan ummat muslim akan bernilai ibadah disisi Allah SWT, diantaranya saat menunaikan sahur.

Ustadz Fadhlullah Marzuki Hasan menuturkan, sahur terlihat sangat sepele dan kadang dipandang sebelah mata oleh sebagian ummat muslim. Tapi tahukah kita, sahur ternyata menjanjikan berkah yang tak terkira.

Sesuai hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari dalam shahihnya nomor 1789, yang berbunyi “Bersahurlah, karena sesungguhnya di dalam sahur itu ada keberkahan”, sahur bukan hanya perkara makan dan minum.

“Meskipun kita punya kemampuan bertahan dan menahan lapar di siang harinya, kita tetap dianjurkan untuk tetap bersahur demi mendapat berkah tersebut,” kata Ustadz Fadhlullah, Rabu (16/05/2018).

Lebih jauh, Ustadz Fadhlullah menjelaskan, aktivitas sahur bagi ummat Muslim juga dianggap sebagai pembeda dari puasa yang dijalankan oleh umat Nasrani dan Yahudi. Hal itu tertuang dalam hadits riwayat Muslim yang berbunyi “Perbedaan antara puasa kita dengan puasanya ahli kitab (yahudi dan nasrani), adalah makan sahur”

“Banyak kebaikan dalam menunaikan sahur. Salah satunya adalah Allah SWT dan malaikat akan bersalawat kepada manusia yang bersahur menjemput berkah,” ujar Ustadz Fadhlullah.

Dari seluruh paparan diatas, Ustadz Fadhlullah yang saat ini tengah membina pesantren Al Markaz Al Islami di Kabupaten Sinjai tersebut menghimbau agar, umat muslim tidak menyia-nyiakan kebaikan yang telah dijanjikan di bulan suci Ramadhan ini.

“Jangan sia-siakan keberkahan yang melimpah ruah di bulan ini. Jadikan aktivitas di bulan Ramadhan ini sebagai jalan untuk meningkatkan iman kita,” tutup Ustad Fadhlullah, (**).