oleh

Sidak Takjil di Hari Pertama Puasa, Dinkes Temukan Kolang-Kaling Mengandung Formalin

MAKASSAR, INIKATA.com – Hari pertama puasa ramadan 1439 Hijriah, sejumlah Dinas lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melakukan Operasi Mendadak (Sidak) bahan pokok Takjil dibeberapa pasar tradisional dan modern, Kamis (17/05/2018).

Sidak ini dilakukan untuk mengecek kadar kesehatan bahan pokok Takjil yang dijajakan para pedagang. Mengingat, bahan pokok Takjil seperti cendol adalah satu dari sekian banyak makanan yang paling digemari oleh masyarakat saat berbuka puasa.

Saat pemeriksaan, Tim terpadu yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan dan BPOM menemukan bahan takjil yang mengandung pengawet berbahaya.

“Kita temukan kolang-kaling yang mengandung formalin, jadi kolang-kaling yang kalau dipencet keras, berarti itu mengandung pengawet berbahaya. Kita minta disdag sita dan telusuri sumbernya,” kata Naisyah, disela sela periksaan sampel bahan takjil.

Dari Kolang-kaling yang positif mengandung formalin itu, dirinya akan melakukan pengecekan lebih lanjut guna menghindari jatuhnya korban setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Naisyah menambahkan, pemeriksaan ini akan terus dilakukan di delapan pasar tradisional dan 10 pasar modern.

“Rencananya, delapan pasar tradisional itu akan kita periksa dan selesaikan dalam dua hari,” ujar Naisyah. (**)

Komentar