oleh

SMA 1 Luwu Timur Raih Juara 1 Lomba Debat Antar Siswa

LUTIM, INIKATA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur, menggelar Grand Final Lomba Debat antar siswa SMA/Sederajat se-Kabupaten Luwu Timur, dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel tahun 2018. Yang menghadirkan 5 tim yang masing-masing beranggotakan tiga orang yang bertempat di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Selasa, (17/04/2018).

Sebelumnya, KPU Luwu Timur sudah menggelar Lomba esai dimana dilanjutkan dengan Debat antar siswa dengan pertanyaan yang berkaitan dengan Pemilukada serta Demokrasi.

“Dari awal kegiatan ini para peserta telah mempersentasekan lewat tulisan esai terkait No Sara dan No Politik Uang, tidak jelek-menjelekkan, serta menggunakan hak pilihnya. KPU berharap kepada para peserta agar kegiatan ini tidak terhenti pada proses debat saja namun peserta harus mensosialisasikan dikalangannya masing-masing yakni pemilih pemula,” ujar Ketua KPU Luwu Timur Muh. Nur.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas berpolitik pelajar khususnya dalam menghadapi pilkada 2018.

“Sebagai ajang artikulasi pendapat dan pemikiran pelajar terhadap Pilkada 2018, intinya kita memberikan pendidikan politik serta mewujudkan partisipasi pemilih pemula, dimana dalam UU nomor 7 tahun 2017, yang telah diubah bahwa persyaratan menjadi penyelenggara bukan hanya segelintir orang namun semua bisa terlibat jika sudah berumur 17 tahun,” tambahnya.

5 tim yang mengikuti grand final debat antar siswa SMA/Sederajat ini pemenangnya yakni, Juara I, SMAN 1 Luwu Timur, Juara II, SMAN 2 Luwu Timur, Juara III, SMAN 8 Luwu Timur, Harapan I, SMAN 12 Luwu Timur, dan Harapan II, SMAN 7 Luwu Timur. (**)

Komentar