SYL Pindah ke NasDem Untuk Amankan Diri?
12 Mei 2018 8:55

MAKASSAR, INIKATA.com – Kepindahan Syahrul yasin Limpo di Partai NasDem dianggap mengamankan diri untuk melanjutkan karir politiknya. Pasalnya, SYL dikabarkan turut andil dalam Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Dalam analisa politik, sebuah fakta atau fenomena, politik tidak selalu hanya dilihat dari satu sisi saja. Langkah-langkah politis yang diambil oleh seorang aktor politik hampir pasti dapat berpengaruh dan bersifat multi efek.

Pengamat politik Sukri Tamma menilai kepindahan mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini ke NasDem dengan tujuan pengamanan dirinya dan untuk melanjutkan karir politiknya.

“Jadi mungkin saja SYL masuk ke Nasdem dengan tujuan pengamanan diri dan melanjutkan karir politik atau sebagai jalan untuk mengincar jabatan yang lebih tinggi,” tandas pengamat Sukritamma pada inikata.com, Jumat (11/5/2018).

Sukri menganggap kepindahan SYL ke Nasdem dan bukan ke partai lainnya tentu merupakan hasil kalkulasi politik yang matang, apalagi SYL adalah politisi yang sarat berpengalaman.

“Langkahnya sudah dihitung dengan baik terkait dengan hasil dan efek tindakannya pada kepentingan-kepentingan politiknya ke depan,” pungkasnya saat dikonfirmasi via WhatsApp.

Selain itu kata Sukri, bagi NasDem sendiri dengan bergabungnya SYL tentu dilihat sebagai berkah karena ditengah persaingan partai politik untuk mendapatkan kader-kader terbaik yang jumlahnya terbatas dan diinginkan banyam orang.

“SYL sebagai tokoh yang cukup berpengaruh di Sulsel, ternyata justru dengan bergabungnya ke NasDem paling tidak NasDem mendapat berkah dari tokoh yang memiliki syarat sebagai politisi yang mumpuni, punya pengalaman dan punya basis massa,” tutupnya. (**)