oleh

Tak Hanya Merusak Jantung, Miras Oplosan Ini Juga Dapat Akibatkan Gangguan Syaraf

INIKATA.com – Bahaya minuman keras (miras) oplosan bukanlah satu hal yang main-main. Miras oplosan bisa merusak organ tubuh dengan waktu yang sangat cepat bahkan hingga menyebabkan kematian bagi peminumnya.

“Efek yang segera karena miras oplosan adalah gangguan jantung, pembuluh darah, dan gangguan pada syaraf pusat,” kata Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng Faqih kepada JawaPos.com, Sabtu (14/4).

Tak hanya efeknya yang begitu cepat dan mengganggu sistem kerja jantung dan pembuluh darah, bahaya miras oplosan juga menyerang organ vital lainnya. Hal itu merupakan efek lanjutan dari penikmat miras oplosan.

“Gangguan berat lain dalam waktu lanjut adalah gangguan ke organ liver dan ginjal,” papar Daeng.

Sebelumnya, IDI menyatakan bahwa bahan yang dicampur pada miras oplos merupakan bahan baru yang tidak dikenali di dunia medis.

“Perkembangan sekarang bahan-bahan campuran yang dipakai untuk minum-minuman (oplosan) adalah bahan-bahan baru yang tidak biasa dikenali di dunia medis,” kata Daeng.

Menurut Daeng, karena bahan-bahan yang tak dikenal itulah, tim medis sering kali kesulitan dalam melakukan ditoksifikasi pada korban miras oplosan. Selain itu, kata dia, sering kali korban miras oplosan sudah ditemukan dalam kondisi yang berat.

Belakangan, kasus miras oplosan berujung maut kian marak di berbagai daerah. Kepolisian mengungkap di Jawa Barat, ada 51 orang meninggal akibat miras oplosan. Sementara di Jakarta, total ada 31 orang yang tewas usai menenggak miras oplosan dengan nama Ginseng (GG).  (Inikata/Fajar Group)

Komentar