oleh

Tak Netral, Kades dan ASN di Bulukumba di Vonis 3 Bulan Penjara

BULUKUMBA, INIKATA.com –- Pilgub sudah berlalu namun masih menyisihkan beberapa kasus ,seperti kasus Kepala Desa Barugae dan seorang ASN Guru SMP 14 Bulukumba yang hari ini bergulir di pengadilan negeri Bulukumba.

Dimana kasus tersebut adalah temuan panwas, keduanya ditemukan oleh Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Bulukumpa saat mengikuti kegiatan kampanye dialogis calon Gubernur Sulsel nomor urut 3 pada  25/05/2018 lalu di Kelurahan Jawi-Jawi kecamatan Bulukumpa kabupaten Bulukumba kediaman kr. Ranreng .

Dengan laporan tersebut, hakim melakukan gelar perkara, keduanya sebagai aparatur pemerintahan, terbukti bersalah melakukan pelanggaran larangan kampanye sebagai kepala desa dan ASN dimana di atur  dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 71 dengan ketentuan Pidana Pasal 188.

Dengan vonis kurungan selama 3 bulan atau 6 bulan masa percobaan oleh Pengadilan Negeri Bulukumba, Jumat (6/07/2018).

Sidang Pembacaan putusan dakwaan yang di bacakan oleh ketua Hakim Sutiono, didampingi Hakim Anggota 2 orang ,Yakni  Lely Triantini dan Yusti Cinianus Raja dengan Panitera Haeruddin serta Jaksa Penuntut Umum, Raka dengan mitranya Ryan Ardiansyah .

memutuskan terdakwa Aswal Alam seorang ASN Guru SMP 14 Bulukumba  dengan terdakwa Jabal Nur, Kepala Desa Barugae Kecamatan Bulukumpa terbukti bersalah telah melanggar Undang-Undang (UU) Nomor: 10 Tahun 2016, Menteri PANRB dimana pasangan calon dilarang melibatkan ASN anggota Polri dan anggota TNI, dan Kepala Desa atau perangkat Desa lainnya.

Namun keputusan tersebut belum final, Kedua Terdakwa masih  diberi kesempatan kurang lebih satu minggu untuk memasukkan Pledoi atau sanggahan atas putusan tersebut.

Komentar