Tembus 8 Juta Data Pemilih Perhari, Coklit KPU Masuk Rekor MURI
20 Januari 2018 18:56
foto; Suasana peluncuran coklit di KPU Jatim, sabtu (20/1)

SURABAYA, INIKATA.com – KPU RI menargetkan dalam pelaksanaan Pilkada serentak di Indonesia pihaknya bisa melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data kependudukan hingga 8 juta setiap harinya.

Coklit tersebut sudah diluncurkan KPU RI terhitung, Sabtu (20/1/2018) serentak di Indonesia. Bahkan saat peluncuran coklit tersebut, KPU RI mendapatkan penghargaan dari MURI.

“Target 30 hari sudah selesai dengan mengerahkan 350 ribu petugas pemutakhiran data penduduk (PPDP) se-Indonesia. Hitungannya setiap PPDP melakukan coklit pendataan minimal lima rumah setiap harinya dengan target 8 juta bisa terpenuhi,” ungkap Ketua KPU RI Arief Budiman saat di Surabaya, Sabtu (20/1).

Mantan Komisioner KPU Jatim ini mengatakan, dalam peluncuran coklit tersebut, pihaknya melibatkan tokoh daerah yang ada pilkadanya.

“Dengan dukungan tokoh daerah kami berharap agar masyarakat mau menerima petugas PPDP untuk dilakukan pendataan. Selama ini petugas susah mendatangi warga untuk dilakukan pendataan. Saat didatangi cuma ditemui security atau anjing penjaga rumah,” jelasnya.

Sementara itu, dari data Diskucapil diketahui untuk masyarakat di Jatim ada 150 ribu penduduk yang belum memiliki perekaman e-KTP.

“Harapannya setelah ada tambahan dana dari persetujuan DPR RI, masyarakat segera melakukan perekaman e-KTP untuk memudahkan pelaksanaan pilkada,” tandas Sekretaris Dirjen Dukcapil pusat Surahma.(**)