oleh

Terapkan DP Nol Persen, Bank Artha Graha : Butuh Dianalisa

MAKASSAR, INIKATA.com – Per Agustus relaksasi LTV telah berjalan. User sudah bisa memperoleh pembiayaan perumahan tanpa DP.

Executive Officer Bank Artha Graha Cabang Makassar, Tjiang Inny, mengutarakan, memang ada pembeda yang cukup siginifikan, khususnya efek moril bagi debitur yang mendapatkan fasilitas pembiayaan rumah tanpa DP dengan yang pakai DP.

“Kalau pakai DP, user punya rasa ingin memiliki. Sehingga punya beban moril menuntaskan kewajibannya (kredit),” bebernya, Jumat (13/7/2018).

Ia menyebut dengan menerapkan DP nol persen tentu saja butuh analisa yang luar biasa lebih dalam. Apalagi, bagi rumah dengan harga yang tidak murah. Belum lagi kalau fasilitas kreditnya, sudah masuk bunga floating.

“Yang subsidi saja kerap ada kendala, apalagi komersial. Namun, karena ini imbauan regulator kami pun tentu akan patuh,” katanya.

Dia mengaku, pihak sendiri untuk kredit di sektor properti masih dalam kondisi sehat. Meskipun ada potensi rumah tanpa DP bisa mengerek angka NPL, namun disatu sisi hal itu juga bisa mendorong sektor properti.

“Tapi tahun ini kami masih fokus ke subsidi. Yang memang aturan mainnya sudah ada” jelasnya. (**)

Komentar