Virus 137 Sedang Mewabah di Bulukumba
23 Januari 2018 12:19
Komunitas Pojok Membaca / Dirman

BULUKUMBA, INIKATA.COM – Virus 137 sedang mewabah di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Virus 37 bukan pembawa penyakit. Justru sebaliknya, virus 137 dapat membawa kesehatan jiwa dan otak di tengah masyarakat.

Menurut Alfian Nawawi, sudah ada 13 titik di wilayah Bulukumba yang terjangkiti virus tersebut.rilisnya kepada inikata Com. Selasa (23/1/2018)

Virus 137 merupakan bias dari sebuah gerakan literasi bertajuk Gerakan Pojok Baca 137 atau disingkat GPB137. Gerakan yang bertujuan merintis dan mendirikan pojok baca di 137 desa/kelurahan sekabupaten Bulukumba.

Penggagas gerakan tersebut, Alfian Nawawi menjelaskan, GPB137 merupakan kerja-kerja tulus tanpa pamrih secara kolektif oleh para relawan literasi di Bulukumba yang targetnya memperbanyak dan membuat pemerataan akses tempat membaca di tengah masyarakat Bulukumba.

“Gerakan kami menargetkan sampai tahun 2019, Insya Allah masing-masing dari 137 desa/kelurahan memiliki pojok baca. Ini wujud kontribusi kami para relawan literasi di daerah ini dalam upaya pengerahan ilmu pengetahuan bermutu melalui buku-buku berkualitas dan akses tempat membaca.”terangnya.

Penulis, blogger, dan youtuber ini adalah juga founder Forum Pustaka Bulukumba (FPB) yang saa ini mewadahi 51 rumah baca dan komunitas literasi di Kabupaten Bulukumba.

“Lelaki eks penyiar radio yang akrab disapa Ivan ini juga mengelola dua rumah baca dan komunitas literasi, yaitu Pustaka RumPut di Tanete Kecamatan Bulukumpa dan Dihyah PROject di Palampang Kecamatan Rilau Ale,”bebernya.

“Bersama rekan-rekannya di komunitas literasi Dihyah PROject, program GPB137 dia gulirkan bagai bola salju. Kian hari kian membesar,”jelasnya.

Sejak digulirkan pada 17 Desember 2017, sampai 20 Januari 2018 GPB137 telah mendirikan 13 simpul Pojok Baca 137. Simpul-simpul tersebut tersebar di 13 titik di wilayah Kecamatan Bulukumpa, Rilau Ale, Kndag, Ujugloe, Herlang dan Kajang.

Ditanya mengenai soal pendanaan GPB137, Alfian Nawawi menegaskan bahwa gerakan ini tidak meminta dana melalui bentuk proposal dan semacamnya. Hal itu dilakukan untuk menghindari penipuan dari oknum-oknum tak bertanggungjawab yang bisa saja memanfaatkan gerakan ini. Namun jika ada dermawan yang berminat untuk menyumbangkan dana maka disarankan untuk mengklik laman https://kitabisa.com/pojokbaca137 dan mentrasfer dana sesuai petunjuk di situs amal tersebut.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk pengadaan buku-buku baru, rak buku, plan/banner pojok baca pelatihan relawan, program volunter keliling, pustaka bergerak GPB137, dan berbagai program literasi lainnya yang terkait lagsung dengan PB137.

Berikut data sementara simpul GPB137:
Pojok Baca Lereng 137, Dusun Kajang-Kajang, Desa Borong, Kecamatan Herlang.

Relawan: Andi Irwan Munandar
Pojok Baca Duta 137, Jl. Durian Kelurahan Tanate, Kecamatan Bulukumpa.

Relawan: Umar Pojok Baca Sunset 137, Jl. Dato Tiro Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujungbulu

Relawan: Ridwan
Pojok Baca Rakyat 137, Dusun Bolongnge, Desa Salassae, Kecamatan Bulukumpa.

Relawan: Sri Puswandi
Pojok Baca Konjoa 137, Desa Manyampa, Kecamatan Ujungloe.

Relawan: Juharnidah Anjayani Salrah
Pojok Baca Al Kautsar Balpes 137, Desa Balangepesoang, Kecamaan Bulukumpa.

Relawa: Dian Febrina Ayu Lestari
Pojok Baca Pangngissengang137, Kecamatan Kajang.

Relawan: Riswandi.
Pojok Baca KaraengTife Tamona 137, Desa Tamona, Kecamatan Kindang
(Pj: Brigpol Achmad Sym Ganja)

Pojok Baca KaraengTife Orogading 137, Desa Orogading, Kecamatan Kindang
(Pj: Brigpol Achmad Sym Ganja

Pojok Baca KaraengTife Parukku 137, Desa Parukku, Kecamatan Kindang (Pj: Brigpol Achmad Sym Ganja)

Pojok Baca Arcamanik 137, Desa Barugae, Kecamatan Bulukumpa
(pj: Iswar Edis Pratama dan Siti Nurhayati)

Pojok Baca Lego-lego 137, Desa Jojjolo, Kecamatan Bulkumpa.

Relawan: Puang Ullang.
Pojok Baca Al Fatih 137, Dusun Batupangka, Keluraha palamang, Kcamatan Rilau Ale. Relawan: Indriyani.